Baby Boomer, Milenial, dan Pilihan Mobil Serbaguna

Siklus kendaraan bermotor diyakini banyak dipengaruhi oleh perkembangan generasi penduduk, seperti mobil serbaguna berkapasitas banyak penumpang ditopang oleh generasi baby boombers (generasi X). Kenapa tren kendaraan ini masih bertahan di era generasi milenial?

Fatkhul Maskur
Jul 12, 2022 - 5:12 AM
A-
A+
Baby Boomer, Milenial, dan Pilihan Mobil Serbaguna

Kijang Innova. Toyota Kijang mulai diperkenalkan ke pasar pada 1970-an. - Foto BisnisIndonesia

Bisnis, JAKARTA - Siklus kendaraan bermotor diyakini banyak dipengaruhi oleh perkembangan generasi penduduk, seperti mobil serbaguna berkapasitas banyak penumpang ditopang oleh generasi baby boombers dan generasi X. Kenapa tren kendaraan ini masih bertahan di era generasi milenial? 

Indonesia merupakan negara mobil serbaguna (multipurpose vehicle/MPV), di mana tipe kendaraan ini terlahir dan berkembang dengan kuat. Bahkan, ketika pasar dunia cenderung dihinggapi popularitas mobil tipe sedan.

Mobil tipe MPV mulai diperkenalkan sejak 1970-an. Tonggak awal MPV ditandai dengan kehadiran Mitsubishi Colt T100, disusul oleh Toyota Kijang. Sejak saat itu, segmen ini berkembang dan mencapai puncak popularitasnya hingga muncul model kembar kendaraan sejuta umat Xenia-Avanza pada 2003.

Kehadiran Xenia-Avanza di segmen low MPV semakin memperkuat penguasaan pasar kendaraan penumpang serbaguna. Setelah hampir 10 tahun mobil kembar itu diluncurkan, pangsa MPV mencapai 43% (534.760 unit), yang mana sekitar 60% disumbang oleh model LMPV.

Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Baby Boomer, Milenial, dan Pilihan Mobil Serbaguna

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ