Bahan Baku Melimpah Produk Bensin Ramah

Selain menjadi pengimpor gula terbesar, Indonesia ternyata juga menjadi negara pengekspor tetes tebu dengan tren yang meningkat. Padahal, program pengembangan bahan bakar bioetanol selama ini disebut terkendala kelangkaan molase bahan baku.

Fatkhul Maskur

11 Okt 2023 - 12.16
A-
A+
Bahan Baku Melimpah Produk Bensin Ramah

Molase berbentuk cairan berwarna kecoklatan, dan memiliki kandungan sukrosa cukup tinggi, 48-55%. - Foto LKPP

Bisnis, JAKARTA--Selain menjadi pengimpor gula terbesar, Indonesia ternyata juga menjadi negara pengekspor tetes tebu dengan tren yang meningkat. Padahal, program pengembangan bahan bakar bioetanol selama ini disebut terkendala kelangkaan molase bahan baku.

Molase atau tetes tebu merupakan produk sampingan industri gula. Molase berbentuk cairan berwarna kecoklatan, dan memiliki kandungan sukrosa cukup tinggi, 48-55%, sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku etanol, alkohol, asam sitrat, MSG, hingga gasohol.

Beberapa waktu lalu, PT Aman Jaya Perdana untuk pertama kalinya berhasil mengekspor komoditas molases ke pasar Filipina. Nilai mencapai US$1.120.382 atau sekira Rp17,605 miliar.

“Ini merupakan buah dari asistensi dan kerja sama dari seluruh pihak yang terlibat, semoga ekspor ini dapat berkelanjutan,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Kendari, Tonny Riduan P. Simorangkir, Selasa (10/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bahan Baku Melimpah Produk Bensin Ramah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.