Bisnis, JAKARTA— Emiten entitas anak PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) bidang kuliner, PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB) berhasil berbalik laba sepanjang semester I/2022.
Pengelola jaringan kafe Starbucks dan restoran Subway di Indonesia tersebut membukukan kenaikan kinerja Semester I/2022 setelah periode sebelumnya mencatatkan kerugian. Penjualan MAPB tercatat naik 32,41 persen secara year on year (yoy) menjadi Rp1,55 triliun, dibandingkan dengan Rp1,17 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Jika diperinci kinerja positif MAPB tersebut disumbang oleh kenaikan segeman makan sebesar 26,54 persen yoy menjadi Rp951,41 miliar dari sebelumnya Rp751,83 miliar. Segmen minuman juga melesat 52,05 persen yoy menjadi Rp518,53 miliar dari sebelumnya Rp341,02 miliar.
Seiring dengan naiknya pendapatan, beban pokok penjualan juga meningkat menjadi Rp480,87 miliar, 24,70 persen lebih tinggi dibandingkan dengan semester I/2021 sebesar Rp385,60 miliar. Meski demikian, kenaikan penjualan yang lebih tinggi membuat laba kotor MAPB tetap naik 36,17 persen menjadi Rp1,07 triliun dari Rp790,40 miliar pada Januari—Juni 2021.