Bangkit Industri Aviasi, Kejar Capaian Sebelum Pandemi

Kinerja industri penerbangan diproyeksi dapat menyentuh capaian prapandemi seiring dengan membaiknya antusiasme masyarakat menggunakan transportasi udara. Dicabutnya pembatasan mobilitas dan stabilnya harga minyak dunia ditengarai sebagai salah satu pendongkrak.

Rayful Mudassir

12 Jan 2023 - 19.51
A-
A+
Bangkit Industri Aviasi, Kejar Capaian Sebelum Pandemi

Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA - Industri aviasi dalam negeri berupaya mengejar pemulihan sektor penerbangan pada 2023 setelah sempat berdarah-daerah selama pandemi. Pemerintah bahkan membidik jumlah penumpang dapat menyentuh capaian sebelum Covid-19 merebak. 

Aroma pemulihan sektor penerbangan memang sudah terbaca dari antusiasme masyarakat pengguna angkutan udara sepanjang 2022. 

Kementerian Perhubungan mencatat total penumpang burung besi di tingkat domestik telah mencapai 56,23 juta orang pada tahun lalu. Sedangkan penumpang internasional menyentuh 11,87 juta orang. 

Jumlah tersebut menjadikan recovery rate pergerakan penumpang domestik 2022 menyentuh 71 persen persentase dibandingkan dengan masa sebelum pandemi pada 2019. Sementara itu, tingkat pemulihan pergerakan penumpang internasional telah mencapai 33 persen dengan perbandingan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.