Banjir Pemudik via Trans-Jawa, Bisnis Mal PWON Panen Raya

Berdasarkan catatan PWON, arus mobil pribadi pengunjung mal yang dikelola perusahaan selama pekan keempat April 2022 mencapai 16.500 unit atau naik dari catatan 2019 sebanyak 14.500 unit.

Wike D. Herlinda

4 Mei 2022 - 16.00
A-
A+
Banjir Pemudik via Trans-Jawa, Bisnis Mal PWON Panen Raya

Tunjungan Plaza di Surabaya, Jawa Timur mulai ramai didatangi pengunjung, Rabu (4/5/2022). Jumlah kunjungan di mal kelolaan Grup Pakuwon itu mengalami peningkatan bahkan melebihi realisasi angka pengunjung 2019. Salah satu yang menarik pengunjung untuk datang ke mal kembali adalah kelonggaran syarat untuk beraktivitas./Bisnis-Muhammad Olga

Bisnis, SURABAYA — Ribuan pengunjung yang berasal dari berbagai kota sepanjang Jalan Tol Trans-Jawa (JTTJ) memadati sejumlah pintu masuk Mal Tunjungan Plaza, Surabaya, Jawa Timur. 

Momen Lebaran tahun ini telah menggerek tingkat kunjungan dan penjualan dari gerai-gerai penyewa (tenant) pusat perbelanjaan kelolaan Grup Pakuwon itu di atas situasi normal pada 2019. 

Direktur Marketing PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) Sutandi Purnomosidi mengatakan tingkat kunjungan masyarakat ke Mal Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall Surabaya pada April 2022 sudah lebih tinggi dari periode yang sama pada 2019.

Berdasarkan catatan PWON, arus mobil pribadi pengunjung mal yang dikelola perusahaan selama pekan keempat April 2022 mencapai 16.500 unit atau naik dari catatan 2019 sebanyak 14.500 unit. 

“Kami juga melihat masyarakat cukup antusias untuk berbelanja tahun ini, kemungkinan besar karena sudah 2 tahun dalam masa pandemi ngerem tidak belanja. Kalau kita lihat tingkat vaksinasi yang tinggi juga mendorong masyarakat tidak takut berbondong-bondong belanja,” kata Sutandi kepada Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia, Rabu (4/5/2022). 

Tunjungan Plaza di Surabaya, Jawa Timur mulai ramai didatangi pengunjung, Rabu (4/5/2022). Jumlah kunjungan di mal kelolaan Grup Pakuwon itu mengalami peningkatan bahkan melebihi realisasi angka pengunjung 2019. Salah satu yang menarik pengunjung untuk datang ke mal kembali adalah kelonggaran syarat untuk beraktivitas./Bisnis-Muhammad Olga

Tim Jelajah Lebaran melihat ribuan pengunjung terlihat antusias berbelanja di salah satu mal terbesar dan tertua di Indonesia, Tunjungan Plaza. 

Tingkat kunjungan terpantau makin padat setelah pukul 11:00 WIB. Mayoritas pengunjung datang bersama keluarga besar mereka di tengah momen libur panjang tahun ini.

Di sisi lain, Sutandi menambahkan, Jalan Tol Trans-Jawa juga turut memengaruhi tingkat kunjungan ke sejumlah mal di Jawa Timur milik PWON seperti Pakuwon Mall Surabaya, Tunjungan Plaza, Royal Plaza, Pakuwon Trade Center, dan Pakuwon City Mall. 

Sutandi menuturkan pengunjung yang datang ke lima mal milik PWON itu 20 persen berasal dari daerah luar Jawa Timur. 

“Pembangunan infrastruktur jalan tol itu sangat terasa sekarang karena pengunjung kami tidak hanya dari Surabaya atau Jawa Timur tapi juga dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Solo hingga Jawa Barat,” tuturnya. 

Tunjungan Plaza di Surabaya, Jawa Timur mulai ramai didatangi pengunjung, Rabu (4/5/2022). Jumlah kunjungan di mal kelolaan Grup Pakuwon itu mengalami peningkatan bahkan melebihi realisasi angka pengunjung 2019. Salah satu yang menarik pengunjung untuk datang ke mal kembali adalah kelonggaran syarat untuk beraktivitas./Bisnis-Muhammad Olga 

TINGKAT OKUPANSI

Lebih lanjut, dia menambahkan, tingkat penjualan penyewa ruang dari lima pusat perbelanjaan itu juga turut mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan catatan PWON, kenaikan penjualan tenant itu mencapai 40 persen pada periode April 2022 jika dibandingkan torehan 2019. 

Misalnya, tenant sektor makanan dan minuman seperti Toby's Estate yang bekerjasama lewat skema bagi hasil dengan Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall Surabaya mencatatkan kenaikan penjualan hingga Rp400 juta pada April 2022 dibandingkan dengan periode yang sama 2019. 

Adapun, penjualan Toby's Estate mencapai Rp1,2 miliar selama April 2022 atau naik signifikan dari posisi Rp800 juta hingga Rp1 miliar pada 2019. 

Tenant lain yang bergerak pada sektor fesyen dan hiburan juga turut mengalami peningkatan yang signifikan pada momen lebaran tahun ini. Sejumlah tenant yang mencatatkan kinjera penjualan yang positif di antaranya Uniqlo, H&M, Zahra dan Fun World. 

“Pendapatan kami sendiri flat. Kita bisa kembali mendapatkan pendapatan setelah menerapkan  kebijakan tanpa diskon rental kepada tenant tergantung dari jenis tenant mulai April ini, tidak ada lagi diskon rental karena kita melihat hasilnya sudah sangat baik,” tuturnya. 

Tunjungan Plaza di Surabaya, Jawa Timur mulai ramai didatangi pengunjung, Rabu (4/5/2022). Jumlah kunjungan di mal kelolaan Grup Pakuwon itu mengalami peningkatan bahkan melebihi realisasi angka pengunjung 2019. Salah satu yang menarik pengunjung untuk datang ke mal kembali adalah kelonggaran syarat untuk beraktivitas./Bisnis-Muhammad Olga 

Sekadar catatan, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) melaporkan tingkat kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan sudah mencapai 3 juta orang per hari selama masa mudik lebaran tahun ini. 

Artinya, angka ini sudah naik 30 persen dari pencatatan tahun lalu di posisi rata-rata 2,3 juta kunjungan per hari secara nasional. 

“Peningkatan kunjungan pada saat bulan Ramadhan dan Idulfitri tahun ini diharapkan nantinya dapat menjadikan rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada 2022 ini mencapai 70 hingga 80 persen,” kata Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja kepada Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia.

Proyeksi itu diharapkan lebih tinggi dari torehan 2020 dan 2021 yang hanya mencapai masing-masing 50 persen dan 60 persen dibandingkan dengan pencatatan selama masa prapandemi. 

Dia mengatakan pelonggaran kebijakan mudik tahun ini berdampak positif pada kinerja usaha pengelola mal di sejumlah daerah. 

Alasannya, perputaran uang yang selama ini berfokus di sejumlah kota besar belakangan dapat tersalurkan ke kantong-kantong daerah yang minim investasi.

“Diperbolehkannya mudik Lebaran berdampak terhadap kunjungan ke pusat perbelanjaan,” tuturnya.

Tunjungan Plaza di Surabaya, Jawa Timur mulai ramai didatangi pengunjung, Rabu (4/5/2022). Jumlah kunjungan di mal kelolaan Grup Pakuwon itu mengalami peningkatan bahkan melebihi realisasi angka pengunjung 2019. Salah satu yang menarik pengunjung untuk datang ke mal kembali adalah kelonggaran syarat untuk beraktivitas./Bisnis-Muhammad Olga 

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021.

Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia dilaksanakan pada Rabu (27/4/2022) hingga Rabu (4/5/2022). Jelajah Lebaran 2022 dilakukan dengan perjalanan melalui dua rute. 

Pertama, untuk rute Jawa—Bali  dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. 

Kedua, untuk rute Sumatra  melalui jalan tol Trans-Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau. (Nyoman Ary Wahyudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.