Bank Bangkrut Tahun Ini Diproyeksikan Capai 20 Bank, Ini Langkah OJK dan LPS

Maraknya kasus kebangkrutan di kalangan BPR pada awal tahun ini mendorong LPS dan OJK untuk mempersiapkan langkah sistematis untuk memperkuat industri ini, agar kasus kebangkrutan BPR dapat ditekan di masa mendatang.

Fahmi Ahmad Burhan

25 Mar 2024 - 18.08
A-
A+
Bank Bangkrut Tahun Ini Diproyeksikan Capai 20 Bank, Ini Langkah OJK dan LPS

Bisnis, JAKARTA — Gelombang kebangkrutan bank di Indonesia tahun ini diperkirakan bakal cukup tinggi, setidaknya mencapai 20 bank. Seiring dengan itu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun bahu membahu memperbaiki struktur industri ini.

Proyeksi yang tinggi ini cukup beralasan, lantaran pada kuartal pertama tahun ini saja sudah ada 7 bank yang bangkrut di Indonesia. Jumlah ini sudah menyamai rata-rata jumlah bank bangkrut tahunan selama ini, yang berkisar antara 7 atau 8 bank, padahal tahun berjalan baru berlangsung 3 bulan.

Meski demikian, sejauh ini deretan bank yang bangkrut ini berasal dari kelompok bank perekonomian rakyat (BPR) atau bank perekonomian rakyat syariah (BPRS). Kelompok bank ini relatif kecil dengan cakupan bisnis yang terbatas, sehingga kebangkrutan mereka tidak berdampak sistemik terhadap perekonomian nasional.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, mengatakan bahwa LPS pun telah menyiapkan ancang-ancang menangani bank-bank bermasalah tersebut. LPS misalnya menjalankan proses klaim simpanan nasabah di bank bangkrut. Sepanjang tahun ini, sudah tersalurkan dana Rp300 miliar untuk klaim simpanan nasabah di bank bangkrut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bank Bangkrut Tahun Ini Diproyeksikan Capai 20 Bank, Ini Langkah OJK dan LPS

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.