Bank Berburu Peluang di Kredit UMKM

Kinerja kredit UMKM makin kinclong pada awal tahun ini. Hal ini memberikan indikasi bakal kuatnya kinerja penyaluran kredit ke sektor ini sepanjang tahun ini.

Emanuel Berkah Caesario

25 Feb 2022 - 15.45
A-
A+
Bank Berburu Peluang di Kredit UMKM

Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id

Bisnis, JAKARTA — Kendati porsi kredit untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masih relatif kecil, pertumbuhannya yang pesat belakangan ini menjadikan sektor ini makin potensial. Apalagi, pemerintah terus mendorong pelaku industri perbankan untuk meningkatkan porsi penyaluran kredit UMKM hingga 30 persen pada 2024.

Data Analisis Perkembangan Uang Beredar edisi Januari 2022 dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa pertumbuhan kredit UMKM per Januari 2022 mencapai 13,3 persen secara tahunan atau year-on-year (YoY) menjadi Rp1.140,6 triliun.

Pertumbuhan ini membaik dibandingkan dengan capaian sebulan sebelumnya, yang tumbuh 12,3 persen YoY. Selain itu, tingkat pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dibanding pertumbuhan total kredit industri perbankan pada saat yang sama, yakni sebesar 5,5 persen YoY menjadi Rp5.700 triliun.

Jika diperinci, pertumbuhan kredit paling tinggi berasal dari skala usaha mikro, yakni melesat 73,2 persen YoY menjadi Rp374,6 triliun. Pertumbuhan ini juga meningkat dibanding bulan sebelumnya, Desember 2021, yang tumbuh 61,9 persen YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bank Berburu Peluang di Kredit UMKM

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.