Bank BTN (BBTN) Dorong Pengembang Terus Pasok Bangun Hunian

Setiap tahunnya, perseroan memiliki kemampuan dan kapasitas untuk membiayai 200.000 unit untuk KPR Subsidi dan 60.000 unit hingga 70.000 unit rumah untuk KPR non-subsidi.

Yanita Petriella

4 Mar 2023 - 11.32
A-
A+
Bank BTN (BBTN) Dorong Pengembang Terus Pasok Bangun Hunian

Ilustrasi jual beli rumah

Bisnis, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk berharap pengembang terus membangun hunian baru dalam rangka  mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor properti. 

Direktur Konsumer Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan meski tahun 2023 masih banyak tantangan yang dihadapi seperti masalah krisis ekonomi global, inflasi, dan kenaikan suku bunga acuan atau BI Rate ini tak menyurutkan kolaborasi bersama pengembang. 

Emiten berkode BBTN ini tetap optimistis mampu memberikan kontribusi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor properti.

“Pada tahun 2022 pertumbuhan kredit terus tumbuh dua digit, walaupun belum terlalu besar. Karena itu dorong bersama agar pertumbuhan properti agar lebih besar lagi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (4/3/2023). 

Menurutnya, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor properti, BTN berharap para developer terus membangun rumah. Terlebih, permintaan rumah saat ini tetap tinggi tetapi suplai yang ada masih terbatas. 

“Kinerja dari REI sangat luar biasa dan rumahnya sudah bagus-bagus dengan desain yang bagus walaupun rumah subsidi. BTN berharap anggota REI di seluruh Indonesia terus membangun rumah agar suplai rumah bisa mengimbangi permintaan yang tinggi,” katanya. 

Sejak Bank BTN berdiri hingga saat ini telah melakukan pembiayaan lebih dari 5 juta unit rumah bagi masyarakat Indonesia baik subsidi maupun non subsidi. Adapun setiap tahunnya, perseroan memiliki kemampuan dan kapasitas untuk membiayai 200.000 unit untuk KPR Subsidi dan 60.000 unit hingga 70.000 unit rumah untuk KPR non-subsidi. 

“Ini bagian dari komitmen dalam mendukung sektor perumahan bagi masyarakat Indonesia,” katanya. 

 

Dia menilai pencapaian yang luar biasa tersebut bukan hanya hasil semata dari Bank BTN, melainkan berkat kinerja dan kerjasama dengan developer termasuk REI.

“Dengan dukungan yang luar biasa dari REI, kita kerjasama dengan hasil yang luar biasa,” ucapnya. 

Ketua umum DPP REI Paulus Totok Lusida mengatakan REI akan terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dan mitra kerja dalam pembangunan perumahan dan permukiman secara berkelanjutan, salah satunya bekerjasama dengan Bank BTN.

“Kami melihat Bank BTN adalah porsi terbesar dari fasilitas untuk kredit di properti, jadi bukan hanya di KPR tapi juga di kredit konstruksi dan BTN merupakan bank terbesar untuk sektor properti,” ujarnya. 

Menurutnya, sektor properti memiliki multiplier effect bagi sekitar 174 industri terkait dengan pembangunan perumahan sehingga dengan bangkitnya sektor properti, dampaknya akan terasa terhadap perekonomian nasional. \

Bank BTN menjadi salah satu institusi yang memiliki kontribusi besar terhadap kemajuan sektor properti khususnya pembiayaan perumahan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.