Bank BUMN Sebaiknya Bagi Dividen 2023 atau Tidak?

Potensi perlambatan ekonomi pada tahun depan menimbulkan gamang. Di tengah bayang-bayang ketidakpastian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta bank-bank jumbo untuk menahan euforia pembagian dividen tahun ini.

Emanuel Berkah Caesario

28 Des 2022 - 14.10
A-
A+
Bank BUMN Sebaiknya Bagi Dividen 2023 atau Tidak?

Ilustrasi kantor bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Tantangan ketidakpastian ekonomi tahun depan mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperingatkan kalangan perbankan agar tidak berlebihan dalam membagikan dividen. Bagi kalangan bank BUMN, hal ini bakal menjadi dilema mengingat tingginya kontribusi mereka terhadap target dividen BUMN dari pemerintah.

Dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023 pada 21 Desember 2022, Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, mengimbau bank-bank dengan raihan laba tinggi untuk memperkuat pencadangan guna mengantisipasi gejolak ekonomi tahun depan.

Menurutnya, kondisi ekonomi global pada tahun depan dihadapkan pada dua opsi. Pertama soft landing, kondisi yang mencerminkan ekonomi melambat, tetapi inflasi merendah. Kedua adalah crash landing atau situasi ketika ekonomi melambat dan inflasi tetap tinggi.

Dengan dua opsi tersebut, Mahendra menilai bank-bank dengan tingkat keuntungan tinggi sepanjang tahun ini untuk mampu menahan diri. Bank perlu meredam euforia pembagian dividen dan mengalokasikannya untuk memperkuat pencadangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bank BUMN Sebaiknya Bagi Dividen 2023 atau Tidak?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.