Bank Dunia Ramal Pertumbuhan Melambat, Investasi Bisa Tersumbat

Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan global hanya berada di level 1,7 persen, melorot dari proyeksi 3,0 persen pada enam bulan lalu. Dalam kondisi seperti itu, investasi di emerging market dan negara-negara berkembang berada dalam kondisi yang runyam.

Saeno

11 Jan 2023 - 19.31
A-
A+
Bank Dunia Ramal Pertumbuhan Melambat, Investasi Bisa Tersumbat

IlustrasiLogo Bank Dunia. David Malpass memperingatkan investasi di negara berkembang dan emerging market akan terganggung oleh kondisi global saat ini,/Bsnis

Bisnis, JAKARTA – Perlambatan pertumbuhan ekonomi membayangi kondisi global 2023. Bank Dunia bahkan memproyeksikan pertumbuhan global hanya berada di level 1,7 persen, melorot dari proyeksi 3,0 persen pada enam bulan lalu. Dalam kondisi seperti itu, investasi di emerging market dan negara-negara berkembang berada dalam kondisi yang runyam.

Nubuat Bank Dunia itu menempatkan pertumbuhan ekonomi dunia ke posisi lemah ketiga setelah resesi global tahun 2009 dan 2020. Lebih dari itu, ramalan Bank Dunia belum sampai ke titik terburuk skenario ekonomi global tahun ini.

“Setiap guncangan tambahan yang merugikan dapat mendorong ekonomi global ke dalam resesi. Negara-negara kecil sangat rentan terhadap guncangan seperti itu karena ketergantungan mereka pada perdagangan dan pembiayaan eksternal, diversifikasi terbatas, utang tinggi, dan kerentanan terhadap bencana alam,” demikian diingatkan Bank Dunia dalam Global Economic Prospects (GEP) Januari 2023, dikutip Rabu (11/1/2023).

Secara dramatis, kondisi yang mungkin terjadi ibarat telur yang berada di ujung tanduk. Sedikit saja tanduk bergerak tak terkendali, sang telur pun akan pecah berantakan menjadi resesi yang memerciki bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.