Bank Fama Menuju Horizon Bisnis Baru Bersama Grup Emtek

Bank Fama International akan beralih pengendalian ke entitas kongsi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) dan pengendali PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA). Rencana bisnis ini bertujuan untuk a.l. memenangkan persaingan di pasar UMKM yang kini dikuasai oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI).

Herdanang Ahmad Fauzan

9 Nov 2021 - 14.13
A-
A+
Bank Fama Menuju Horizon Bisnis Baru Bersama Grup Emtek

Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya./emtek

Bisnis, JAKARTA —Nasib PT Bank Fama International bakal segera berubah seiring dengan beralihnya pengendalian atas bank tersebut ke dalam Grup Emtek. Selain menyelamatkannya dari kewajiban pembenuhan modal inti, Grup Emtek bakal membawa bank tersebut dalam horizon pertumbuhan yang baru.

Grup konglomerasi PT Elang Mah­kota Teknologi Tbk. (EMTK) alias Emtek akhir­nya meng­umum­kan secara terbuka jadwal akuisisi terhadap Bank Fama. Sekitar 9,08 miliar lembar atau 93% porsi saham Bank Fama yang sebelumnya digeng­gam empat petinggi per­usa­haan dibeli Emtek lewat salah satu unit bisnisnya, PT Elang Media Visitama (EMV).

Berdasarkan prospektus yang dipublikasikan Bank Fama akhir pekan lalu, nominal saham yang ditempatkan dan disetor penuh adalah Rp100, artinya sedikitnya dibutuhkan Rp908,5 miliar oleh EMV untuk memuluskan rencananya. Akui­sisi ditargetkan rampung selambat-lambatnya 28 Desember 2021.

“Pengambilalihan yang dila­ku­kan sejalan dengan ren­cana bisnis jangka pan­jang EMV untuk me­ngem­bangkan usahanya di Indonesia, termasuk untuk men­dukung pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan dan akses perbankan pada sektor UMKM,” tulis per­usahaan dalam rancangan peng­ambilalihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.