Bank Indonesia Mulai Injak Pedal Rem

Bank Indonesia kembali memperlambat laju kenaikan suku bunga acuan dengan mengerek BI7DRR sebesar 25 basis poin (bps) setelah cukup meyakini inflasi akan kembali ke target 2-4 persen tahun ini. Di tengah prospek ekonomi global yang suram, otoritas moneter juga meyakini rupiah bakal kuat tahun ini.

Nindya Aldila

19 Jan 2023 - 19.52
A-
A+
Bank Indonesia Mulai Injak Pedal Rem

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan pemaparan dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Jakarta, Kamis (19/1/2023) (Bisnis/Himawan L. Nugraha)

Bisnis, JAKARTA - Bank Indonesia mulai menginjak pedal rem kenaikan suku bunga secara perlahan sebagai pembuka tahun 2023 setelah cukup yakin inflasi akan kembali ke jalur targetnya. Di tengah prospek ekonomi global yang suram, otoritas moneter meyakini rupiah bakal perkasa tahun ini.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 Januari 2023 memutuskan menahan laju kenaikan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) dengan kenaikan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75 persen.

"Keputusan kenaikan suku bunga yang lebih terukur tersebut merupakan langkah lanjutan untuk secara front loaded, pre-emptive, dan forward looking dalam memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi ke depan," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers pada Kamis (19/1/2023).

Gubernur Perry juga mengungkapkan bahwa langkah penanganan inflasi sejak Agustus 2022 telah cukup untuk meredam kenaikan harga di level target bank sentral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bank Indonesia Mulai Injak Pedal Rem

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.