Bank Jumbo Makin Sehat, Intip Strateginya

Empat bank terbesar RI terpantau kompak mencatatkan penurunan kredit dan pembiayaan berisiko hingga kuartal I/2023. Sejalan dengan hal tersebut rasio kredit berkualitas rendah (loan at risk/LAR) bank terus mengalami perbaikan.

Alifian Asmaaysi

25 Mei 2023 - 16.53
A-
A+
Bank Jumbo Makin Sehat, Intip Strateginya

Ilustrasi perhitungan risiko. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Bank-bank terbesar di Tanah Air membukukan kualitas kredit yang makin membaik seiring dengan meredanya pandemi. Meski secara umum kondisi ekonomi makin membaik, bank-bank kelas kakap ini masih sangat berhati-hati dalam membiayai sektor-sektor yang masih berisiko tahun ini.

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) misalnya, melaporkan berhasil menekan kredit berisiko atau loan at risk (LAR) bank sebesar 430 basis poin (bps) secara tahunan (year-on-year/ YoY) pada kuartal pertama tahun ini menjadi 9,5 persen dari posisi sebelumnya yakni 13,8 persen pada tahun lalu.

Executive Vice President (EVP) Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, mengatakan bahwa penurunan kredit berisiko tersebut terjadi seiring dengan kembali meningkatnya kemampuan debitur menyelesaikan pembayaran usai pandemi Covid-19 melanda.

"Secara keseluruhan, hingga Maret 2023, outstanding restrukturisasi kredit BCA terus mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya seiring dengan pemulihan ekonomi. Dari total jumlah restrukturisasi kredit saat ini, didominasi oleh kategori lancar," jelasnya kepada Bisnis, dikutip Senin (22/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bank Jumbo Makin Sehat, Intip Strateginya

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.