Bank Pacu Dana Murah, Laju Deposito Mulai Terkontraksi

Bank Indonesia mencatat pertumbuhan deposito perbankan per Mei 2022 sudah menurun secara tahunan, setelah sepanjang tahun ini terus berkurang dari bulan ke bulan. Kalangan perbankan mengamini hal tersebut, lantaran selama ini memang berfokus pada peningkatan dana murah untuk mendongkrak margin.

Emanuel Berkah Caesario

27 Jun 2022 - 19.42
A-
A+
Bank Pacu Dana Murah, Laju Deposito Mulai Terkontraksi

Ilustrasi Simpanan. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kendati pertumbuhan dana simpanan masyarakat di industri perbankan masih mencatatkan pertumbuhan positif, segmen simpanan berjangka atau deposito justru sudah menunjukkan penurunan dari bulan ke bulan sepanjang tahun ini.

Jika mengacu pada data Analisis Perkembangan Uang Beredar Mei 2022 dari Bank Indonesia, nilai simpanan berjangka mencapai Rp2.710 triliun, turun 0,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau secara year-on-year (YoY).

Nilai ini juga tercatat menjadi yang terendah sepanjang tahun ini. Pada April 2022 total nilai simpanan berjangka masih sebesar Rp2.726,9 triliun, sedangkan Maret 2022 sebesar Rp2.735,4 triliun, Februari 2022 sebesar Rp2.757 triliun, dan Januari 2022 sebesar Rp2.772 triliun.

Kelompok perorangan mengalami pergeseran simpanan yang relatif lebih cepat yaitu terkontraksi hingga 5,7 persen YoY pada Mei 2022. Sementara itu, kelompok korporasi masih mengalami pertumbuhan walaupun mengalami perlambatan dibandingkan dengan April 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bank Pacu Dana Murah, Laju Deposito Mulai Terkontraksi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.