Bank Ramai Buru Kredit Karbon, OJK Siapkan Aturan

Otoritas Jasa Keuangan bakal menerbitkan aturan turunan soal kontribusi perbankan di bursa karbon.

Arlina Laras

10 Okt 2023 - 14.04
A-
A+
Bank Ramai Buru Kredit Karbon, OJK Siapkan Aturan

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) meresmikan peluncuran Bursa Karbon Indonesia, Selasa (26/9/2023) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. / YouTube OJK

Bisnis, JAKARTA — Tingginya antusiasme kalangan perbankan dibanding korporasi sektor lainnya dalam menyambut kehadiran Bursa Karbon mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk lebih jauh mengatur kontribusi perbankan di Bursa Karbon.

Sejak diluncurkan pada Selasa (26/9/2023) lalu, transaksi di Bursa Karbon relatif sepi. Aktivitas perdagangan yang cukup tinggi hanya terjadi di hari pertama tersebut, sedangkan di hari-hari setelahnya cenderung minim bahkan tanpa transaksi sama sekali.

Pada hari pertama transaksi di Bursa Karbon, mayoritas pembeli unit karbon justru berasal dari kalangan perbankan. 

Empat bank tercatat melakukan pembelian unit karbon saat itu, yakni PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA), PT Bank DBS Indonesia, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bank Ramai Buru Kredit Karbon, OJK Siapkan Aturan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.