Bank Siap Akhiri Relaksasi Restrukturisasi Kredit

Relaksasi restrukturisasi kredit bagi debitur terdampak Covid-19 mayoritas bakal berakhir pada akhir Maret 2023. Menghadapi hal ini, kalangan perbankan sudah bersiap dengan pencadangan yang lebih baik dan penurunan tingkat NPL.

Emanuel Berkah Caesario

9 Mar 2023 - 16.04
A-
A+
Bank Siap Akhiri Relaksasi Restrukturisasi Kredit

Ilustrasi restrukturisasi kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Berakhirnya kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit pada akhir bulan ini bagi mayoritas sektor usaha debitur yang terdampak oleh pandemi mengharuskan perbankan untuk menata ulang strategi pencadangannya guna mengimbangi potensi kenaikan nilai kredit berisiko.

Sebagaimana diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah kembali memperpanjang kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit bagi debitur terdampak Covid-19 yang seharusnya berakhir pada 31 Maret 2023. Relaksasi tersebut diperpanjang lagi hingga 31 Maret 2024.

Namun, perpanjangan relaksasi itu hanya berlaku untuk sejumlah sektor industri dan di daerah tertentu saja, tidak lagi berlaku untuk semua sektor. Dengan kata lain, mayoritas debitur tidak dapat lagi mengajukan permohonan restrukturisasi kredit dengan relaksasi atas dasar terdampak pandemi.

Seiring dengan itu, nilai kredit dalam risiko atau loan at risk (LaR) perbankan pun berpotensi meningkat. Kondisi ini mengharuskan perbankan untuk menyediakan bantalan likuiditas yang lebih tebal sebagai cadangan untuk meredam potensi pemburukan kualitas kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bank Siap Akhiri Relaksasi Restrukturisasi Kredit

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.