Bankitnya Optimisme Bank Kala Suku Bunga BI Tertahan

Kalangan perbankan optimistis target pertumbuhan kredit mereka tahun ini bakal tercapai, seiring dengan kebijakan suku bunga Bank Indonesia yang cenderung dovish atau lunak.

Emanuel Berkah Caesario

22 Apr 2023 - 14.24
A-
A+
Bankitnya Optimisme Bank Kala Suku Bunga BI Tertahan

Ilustrasi suku bunga. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Keputusan Bank Indonesia untuk kembali menahan suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 17-18 April 2023 lalu memberikan ruang bagi industri perbankan untuk dapat melanjutkan penyaluran kredit dengan suku bunga yang lebih rendah.

BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (7 DRR) di level 5,75 persen. Lebih lanjut, suku bunga deposit facility tetap di level 5 persen dan suku bunga lending facility 6,5 persen.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa keputusan untuk menahan suku bunga acuan tersebut konsisten dengan stance kebijakan moneter BI yang pre-emptive dan forward looking untuk memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi ke depan.

"Bank Indonesia meyakini bahwa BI7DRR sebesar 5,75 persen tersebut memadai untuk mengarahkan inflasi inti tetap berada dalam kisaran 2-4 persen di sisa 2023 dan inflasi Indeks Harga Konsumen [IHK] kembali ke dalam sasaran 2-4 persen lebih awal dari perkiraan sebelumnya," ujar Perry dalam pengumuman hasil RDG BI pada Selasa (18/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bankitnya Optimisme Bank Kala Suku Bunga BI Tertahan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.