Bansos Makin Deras, Kenapa Harga Pangan Belum Terpangkas?

Derasnya penyaluran bantuan sosial sejak akhir tahun lalu ini tidak mengendurkan harga komoditas pangan. Sebaliknya, lonjakan komoditas seperti beras hingga minyak goreng kian tidak terbendung.

Rayful Mudassir

5 Feb 2024 - 20.02
A-
A+
Bansos Makin Deras, Kenapa Harga Pangan Belum Terpangkas?

Bisnis, JAKARTA - Derasnya penyaluran bantuan sosial sejak akhir tahun lalu ini tidak mengendurkan harga komoditas pangan. Sebaliknya, lonjakan komoditas seperti beras hingga minyak goreng kian tidak terbendung. 

Sepanjang Februari ini, pemerintah menggelontorkan setidaknya lima bantuan sosial kepada masyarakat. Bantuan langsung tunai (BLT) El Nino dengan total Rp7,52 triliun untuk 18,8 juta keluarga dengan nilai Rp400.000 per KK.

Kemudian program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT) senilai Rp400.000 untuk dua bulan sekaligus. Bantuan sosial beras 10 kg untuk 20 juta keluarga penerima manfaat serta program Indonesia pintar (PIP). 

Kendati puluhan juga masyarakat mendapatkan bantuan beras hingga uang tunai, harga pangan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.