Banting Harga Kereta Cepat Kejar Demi Target Penumpang

KCIC setidaknya membidik jumlah penumpang Whoosh dapat tembus hingga 30.000 - 31.000 per hari. Sebagai pembanding, rerata penumpang kereta cepat tersebut berada di level 20.000 per hari pada tahun lalu.

Rayful Mudassir

29 Jan 2024 - 11.26
A-
A+
Banting Harga Kereta Cepat Kejar Demi Target Penumpang

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat berada di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13 9 2023). Bisnis Rachman

Bisnis, JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali merombak tarif tiket Kereta Cepat Whoosh dengan harga paling murah senilai Rp150.000. Langkah ini disinyalir sebagai upaya mendongkrak jumlah pengguna.


Tahun ini, KCIC setidaknya membidik jumlah penumpang Whoosh dapat tembus hingga 30.000 - 31.000 per hari. Sebagai pembanding, rerata penumpang kereta cepat tersebut berada di level 20.000 per hari pada tahun lalu.


General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan harga tiket Kereta Cepat WHOOSH untuk kelas Premium Economy bakal dijual mulai dari Rp150.000 hingga Rp250.000.


Managemen memastikan penerapan harga tiket baru ini berlaku mulai 3 Februari 2024. Adapun, skema yang digunakan adalah tarif dinamis alias dynamic pricing.


"Penerapan skema dynamic pricing, penumpang bisa membeli tiket kereta cepat dengan harga yang lebih hemat bila melakukan perjalanan di waktu tertentu," katanya dalam siaran pers, dikutip Senin (29/1/2024).


Baca juga:


Bunga Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Lebih Rendah dari WHOOSH


Melesatnya Harga Hunian di Bandung Terdampak Kereta Cepat Whoosh


Menggodok Skema Tarif Dinamis Cegah Kereta Cepat Sepi


Skema baru ini dimungkinkan dalam satu hari terdapat beberapa tarif yang berbeda untuk perjalanan Kereta Cepat WHOOSH. Beberapa faktor yang mempengaruhi tarif dinamis antara lain jam sibuk (peak hour) atau jam non sibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau non liburan (low season), atau hari kerja ataupun akhir pekan. 


Dia menuturkan pada high season atau peak hour akan ditawarkan tarif yang lebih tinggi, sebaliknya pada momen off peak tentu akan ditawarkan tarif yang lebih murah. Penumpang diberi alternatif perjalanan dengan tarif yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan, keinginan dan daya belinya.


“Penerapan tarif dinamis ini akan terus dipantau dan dievaluasi agar dapat terus sesuai dengan kebutuhan penumpang dan operasional WHOOSH,” katanya.


Masyarakat yang ingin menggunakan WHOOSH dapat melakukan pemesanan melalui saluran resmi seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.


Eva menambahkan, hingga 27 Januari 2024, kereta cepat sudah melayani sebanyak 1,4 juta orang. Saat ini rata-rata okupansi kereta cepat berkisar sekitar 60% hingga 80%.


Pencapaian volume penumpang harian tertinggi di angka 21.000 penumpang terjadi di bulan November 2023 dan masa angkutan Nataru Desember 2023 – Januari 2024. 


Teranyar, KCIC mulai menghadirkan layanan last mile dan first mile menuju Stasiun Kereta Cepat Padalarang guna meningkatkan konektivitas sekaligus meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke moda transportasi umum.


Eva Chairunisa menuturkan salah satu upaya yang akan dilakukan perusahaan adalah memberikan promo tiket kereta cepat. Selain itu, KCIC juga akan tetap menerapkan pola pentarifan dengan sistem dynamic pricing.


Kemudian, kerja sama dengan destinasi wisata juga akan terus dilakukan serta diperbanyak untuk meningkatkan minat penumpang. Dia mencontohkan, salah satu bentuk kerja sama ini adalah program promo gratis masuk area wisata dengan menunjukan tiket kereta cepat.


“Selain itu ada juga program diskon untuk lokasi kuliner dan penginapan yang telah bekerja sama dengan KCIC,” katanya pada Rabu (24/1/2024).


Adapun, saat ini KCIC juga telah bekerja sama dengan sejumlah destinasi wisata. Beberapa promo yang telah diberlakukan adalah free Entry dan free shuttle Dusun Bambu dari Stasiun Padalarang, free entry ke Farmhouse, Floating Market, dan The Great Asia Afrika.


Kemudian, pengguna kereta cepat juga dapat promo free entry ke Tepi Danau, Tepi Kota Healing, Papa Dino dan The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung. Selain itu, ada juga Free Entry dan Free Shuttle Dago Dream Park dari Stasiun Padalarang.


Selanjutnya, penumpang kereta cepat juga dapat memanfaatkan diskon 15% di Baker Street Resto cabang Cimandiri, diskon 20% di Seluruh Restoran The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung, serta potongan harga 20% dan Free Shuttle The Lodge Camp & Village dari Stasiun Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.