Banyak Lubang di Jalan Tol, Jasa Marga (JSMR) Minta Maaf

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta – Cikampek menindaklanjuti keluhan pengguna jalan di sejumlah titik di Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek).

Yanita Petriella

27 Feb 2023 - 15.27
A-
A+
Banyak Lubang di Jalan Tol, Jasa Marga (JSMR) Minta Maaf

Jalan tol dipadati kendaraan

Bisnis, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta – Cikampek menindaklanjuti keluhan pengguna jalan di sejumlah titik di Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek). 

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mewakili manajemen perseroan menyampaikan permohonan maaf atas lubang di jalan tol. 

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan terhadap kondisi perkerasan jalan tol khususnya di ruas (tol) Japek,” ujarnya dalam siaran pers dikutip, Senin (27/2/2023).

JTT bersama dengan PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) selaku penyedia layanan pemeliharaan jalan tol, terus melakukan upaya penanganan terhadap lubang dengan menyiagakan tim 24 jam. Selain itu, melakukan pengecekan lokasi secara berkala, terutama di titik-titik yang dilaporkan oleh pengguna jalan melalui call center perseroan. 

JTT dan JMTM telah melakukan tindakan awal berupa patching atau penambalan sementara di lokasi lubang.
 
Selanjutnya, JMTM akan menindaklanjuti dengan melakukan maintenance (pemeliharaan) berupa rekonstruksi perkerasan untuk menjaga tingkat keselamatan dan keamanan pengguna jalan
 
“Sepanjang tahun 2023, JTT telah merencanakan program pemeliharaan di sepanjang Jalan Tol Japek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta,” kata Lisye. 

Untuk penanganan pekerjaan pemeliharaan yang bersifat darurat, JTT juga menyiapkan tim patching yang bertugas melakukan screening dan menambal sementara di lokasi yang memang memerlukan perbaikan. 

“Tentunya, perbaikan ini bersifat sementara dengan tetap memperhatikan faktor kondisi cuaca di lapangan,” ucapnya. 

Baca Juga: Jalan Tol Atlantis Pertama di Indonesia Beroperasi Penuh 2024


Lisye menambahkan tidak hanya di Jalan Tol Jakarta – Cikampek sebagai upaya pencegahan terhadap kejadian serupa, Jasa Marga juga menyiagakan petugas patching 24 jam dan melakukan perbaikan dengan memperhatikan kondisi cuaca dan lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol yang dikelolanya.

“Jika mengalami kendala di jalan tol Jasa Marga Group, segera hubungi layanan One Call Center 24 jam di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, atau melalui aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android. Jasa Marga juga memberlakukan prosedur penanganan klaim dari pengguna jalan untuk kejadian-kejadian khusus, salah satunya kerugian akibat kerusakan jalan atau karena jalan berlubang,” tuturnya.

JSMR juga akan memberikan klaim kendaraan akibat jalan rusak atau jalan berlubang di jalan tol perseroan. Hal itu dilakukan dengan memberlakukan prosedur penanganan klaim dari pengguna jalan untuk kejadian-kejadian khusus, salah satunya kerugian akibat kerusakan jalan atau karena berlubang.

Sejumlah langkah penanganan klaim kendaraan akibat jalan rusak atau berlubang di jalan Tol Jasa Marga Group antara lain: jika pengguna jalan mengalami gangguan perjalanan di jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga Group pengguna jalan dapat melaporkan terlebih dahulu peristiwa yang dialami di lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) kepada call center Jasa Marga di nomor 14080.

Kemudian, petugas call center akan mengirim petugas Mobile Customer Service (MCS) langsung menuju ke lokasi kejadian yang akan membantu pengguna jalan agar dapat melanjutkan perjalanan. 

Jika pengguna jalan mengalami kerugian dan akan mengajukan klaim, maka petugas akan menjelaskan mekanisme penyelesaiannya, termasuk membuatkan berita acara kerusakan atau kerugian pengguna jalan. 

Proses pengajuan klaim ini disampaikan kepada Jasa Marga selambat-lambatnya 3x24 jam setelah kejadian dengan melengkapi bukti-bukti sebagai kelengkapan administrasi. Jasa Marga akan memproses klaim pengguna jalan dan jika memenuhi kriteria-kriteria yang dipersyaratkan, akan dilakukan proses ganti rugi sesuai ketentuan yang berlaku. 

Adapun perseroan melalui JTT selaku pengelola Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek) menindaklanjuti keluhan pengguna jalan di sejumlah titik di tol tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.