Bapak Tiramisu Ado Campeol Meninggal Dunia

Italia, bahkan mungkin dunia, kehilangan salah satu tokoh kuliner. Ado Campeol, yang dijuluki "bapak Tiramisu" oleh media Italia, meninggal dalam usia 93 tahun pada Minggu (31/10/2021).

M. Syahran W. Lubis

31 Okt 2021 - 20.47
A-
A+
Bapak Tiramisu Ado Campeol Meninggal Dunia

Tiramisu / BBC

Bisnis, JAKARTA – Ado Campeol, yang dijuluki "bapak Tiramisu" oleh media Italia, meninggal dalam usia 93 tahun pada Minggu (31/10/2021). Campeol pemilik Le Beccherie, restoran di Treviso di Italia utara di mana makanan penutup yang terkenal ditemukan oleh istrinya dan seorang koki.

Hidangan tersebut, yang menampilkan biskuit dan mascarpone yang direndam kopi, ditambahkan ke menu mereka pada 1972, tetapi tidak pernah dipatenkan oleh keluarga tersebut.

Sejak itu, tiramisu menjadi makanan pokok masakan Italia, diadaptasi koki di seluruh dunia, demikian ditulis BBC.

Ada perselisihan yang sudah berlangsung lama tentang asal usul tiramisu, termasuk klaim bahwa tiramisu disajikan sebagai afrodisiak di sebuah rumah bordil di kota Trevisio, Italia utara. Namun, resep itu diterima secara luas dikembangkan di restoran Campeol.

Luca Zaia, Gubernur Wilayah Veneto, termasuk di antara mereka yang memberi penghormatan, mencuit bahwa kota itu "kehilangan bintang lain dalam sejarah makanan dan anggurnya".

Le Beccherie dibuka oleh keluarga Campeol pada 1939, dan Campeol mengambil alih bisnis tersebut pada akhir Perang Dunia Kedua.

Menurut salah satu penemu makanan penutup itu, Chef Roberto Linguanotto, hidangan tersebut merupakan hasil kecelakaan saat membuat es krim vanila.

Linguanotto menjatuhkan beberapa keju mascarpone ke dalam semangkuk telur dan gula, dan setelah dia melihat rasa yang menyenangkan dari campuran itu, dia memberi tahu istri Campeol, Alba.

Pasangan ini kemudian menyempurnakan makanan penutup dengan menambahkan spons ladyfinger yang direndam dalam kopi, dan menaburkannya dengan kakao, menyebutnya "Tiramisù", yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "pick me up".

Hidangan ini muncul di media cetak di Veneto edisi 1981, sebuah publikasi lokal yang didedikasikan untuk makanan dan anggur, dan sekarang menjadi salah satu makanan penutup paling terkenal di Italia.

Varian tiramisu menampilkan alkohol seperti rum atau marsala, tetapi resep aslinya, yang disertifikasi oleh Italian Academy of Cuisine pada 2010, bebas alkohol karena dimaksudkan untuk ramah anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.