Free

Bapanas Akan Kawal Ekspor Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu komoditi unggulan Indonesia dalam perdagangan global, yang memberikan sumbangan devisa yang besar bagi negara. Indonesia merupakan negara pengekspor kayu manis terbesar keempat di dunia.

Redaksi

6 Jun 2024 - 13.33
A-
A+
Bapanas Akan Kawal Ekspor Kayu Manis

Ilustrasi kayu manis. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Badan Pangan Nasional (Bapanas) selaku Koordinator Mirror Committee dari Codex Committee on Spices and Culinary Herbs (CCSCH) mengawal ekspor kayu manis Indonesia ke pasar global.

Kayu manis merupakan salah satu komoditi unggulan Indonesia dalam perdagangan global, yang memberikan sumbangan devisa yang besar bagi negara.

Indonesia merupakan negara pengekspor kayu manis terbesar keempat di dunia. Hal ini dipaparkan dalam Forum Electronic Working Group Cinnamon Standard Bersama Brazil, Iran dan Mexico, Selasa (5/6/2024).

Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan, Yusra Egayanti, mengatakan bahwa pertemuan tersebut membahas parameter yang harus ada dalam standar kayu manis.

Yusra menjelaskan bahwa draft standar ini menjadi bahan yang akan dibahas lebih lanjut di forum yang lebih besar dengan menghadirkan anggota CCSCH.

“Dalam perdagangan global, tuntutan mutu menjadi sebuah keniscayaan. Mengingat pentingnya hal tersebut, Codex Alimentarius Commission (Codex), sebuah lembaga di bawah PBB (FAO dan WHO) yang beranggotakan negara – negara seluruh dunia, bertugas melakukan penyusunan code of practice dan standar pangan, di mana salah satunya adalah standar kayu manis melalui CCSCH,” jelas Yusra.

Tahun 2024, CCSCH membuka diskusi terkait penyusunan rancangan standar kayu manis sebagai salah satu tindak lanjut hasil Sidang CCSCH ke-7 di India awal tahun ini. Saat Sidang tersebut, Brazil mengajukan new work on Codex Standard for Dried Cinnamon.

“Pembahasan draft pertama standar kayumanis dalam forum ini dilaksanakan secara hybrid oleh Brazil sebagai Chair dan Indonesia sebagai Co-Chair untuk pembahasan cinnamon standard bersama dua Co-Chair lainnya yaitu Mexico dan Iran,” tambahnya.

 

(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.