Bara Batu Bara Masih Panaskan PNBP Maret 2023

Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP Maret 2023 tercatat tumbuh 43,7 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy). Capaian tersebut merupakan yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Saeno

18 Apr 2023 - 13.53
A-
A+
Bara Batu Bara Masih Panaskan PNBP Maret 2023

Ilustrasi-Aktivitas pertambangan batu bara kelompok usaha PT Indo Tambangraya Megah Tbk./itmg.co.id

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah meraup untung dari ekspor batu bara selama ini. Melalui pos penerimaan negara bukan pajak atau PNBP, pemerintah mengutip royalti atas penjualan batu bara. PP No. 26/2022 mengatur tentang pemungutan royalti batu bara berdasarkan tingkat kalori dan harga batu bara acuan atau HBA.  Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP Maret 2023 tercatat tumbuh 43,7 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy). Capaian tersebut merupakan yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.  

Sementara itu, jika dibandingkan dengan target APBN 2023, realisasi tersebut mencapai 32,3 persen. 

“Naik sangat tinggi dibandingkan dengan 4 tahun terakhir bahkan sebelum Covid-19, [tahun ini per Maret 2023] mencapai Rp142,7 triliun, tahun lalu hanya Rp99,2 triliun,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam APBN Kita, Senin (17/4/2023).  

Dari sisi komposisi PNBP, pendapatan dari sektor SDA migas mengalami penurunan 4 persen (yoy) menjadi Rp31,3 triliun, tahun lalu mencapai Rp32,6 triliun.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bara Batu Bara Masih Panaskan PNBP Maret 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.