Barisan Proyek yang Dicoret Dalam Daftar PSN Era Presiden Jokowi

Kemenko Perekonomian telah melakukan evaluasi dan menerbitkan Permenko Nomor 9 Tahun 2022. Beleid ini mengakomodir perubahan jumlah PSN pada semester kedua 2022 sehingga jumlah PSN yang sebelumnya sebanyak 208, dikurangi menjadi 200 proyek.

Yanita Petriella
Aug 6, 2022 - 1:19 PM
A-
A+
Barisan Proyek yang Dicoret Dalam Daftar PSN Era Presiden Jokowi

Suasana di Bendungan Rajui, Aceh, Sabtu (22/2/2020). Bendungan ini berkapasitas 2,67 juta meter kubik untuk mengairi areal persawahan seluas 1.000 hektare yang berlokasi di Kabupaten Pidie yang telah diselesaikan pembangunannya pada 2016. Kementerian PUPR menargetkan delapan bendungan yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN) dapat rampung pada 2020. /dok. Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Agar tak ada proyek yang mangkrak setelah tahun 2024, pemerintah pun mengeluarkan atau mencoret Proyek Strategis Nasional (PSN). Daftar PSN yang dicoret ini tercantum dalam Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Permenko Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar PSN. Karena sifatnya merevisi aturan tahun lalu, artinya terdapat perubahan daftar PSN. Hal ini bisa dikatakan ada proyek yang dicoret dari daftar PSN tahun lalu.

Kemenko Perekonomian telah melakukan evaluasi dan berencana menerbitkan Permenko Nomor 9 Tahun 2022. Beleid ini mengakomodir perubahan jumlah PSN pada semester kedua 2022 sehingga jumlah PSN yang sebelumnya sebanyak 208, dikurangi menjadi 200 proyek. Sementara jumlah program yang awalnya 10 proyek bertambah menjadi 12 program. 

Merujuk beleid Permenko 9/2022, jumlah PSN jalan tol terdapat sebanyak 53 proyek, sedangkan pada Permenko 7/2021 jumlah PSN jalan tol ada 56 proyek. Dengan kata lain, ada tiga proyek jalan tol yang termasuk dalam PSN 2021 telah dikeluarkan dari daftar PSN terbaru 2022. 

Dengan kata lain, ada tiga proyek jalan tol yang termasuk dalam PSN 2021 telah dikeluarkan dari daftar PSN terbaru 2022. Ketiga tol tersebut yakni jalan Tol Samarinda – Bontang, Tol Makassar – Maros – Sungguminasa – Takalar (Mamminasata), dan Tol Semarang Harbour (Semarang – Kendal). 

Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Barisan Proyek yang Dicoret Dalam Daftar PSN Era Presiden Jokowi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ