Batu Bara Bergejolak , Devisa Bakal Ikut Terdongkrak

Harga batu bara masih terus melambung hingga penghujung Maret 2022. Kondisi ini berpotensi meningkatkan capaian devisa negara dari sektor mineral dan batu bara. Seberapa besar kenaikan penerimaan negara hingga akhir tahun nanti?

Rayful Mudassir

19 Mar 2022 - 00.09
A-
A+
Batu Bara Bergejolak , Devisa Bakal Ikut Terdongkrak

Bisnis, JAKARTA - Komoditas batu bara terus menunjukan taji di tengah meningkatnya kebutuhan energi dunia. Bila situasi ini berkepanjangan, bukan tidak mungkin sumber energi ini akan memberikan penerimaan besar bagi negara. 

Sejak awal tahun, harga batu bara terus merangsek naik. Sempat menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa sebesar US$440 per metrik ton, perlahan bara berada di angka US$334 per metrik ton di pasar spot. Namun, harga ini masih cukup berfluktuasi. 

Meski merosot dari harga tertinggi, akan tetapi, harga saat ini masih terbilang cukup fantastis. Sebagai perbandingan nilai tertinggi pada 2021 sebesar US$272,5 per metrik ton. Catatan ini terjadi pada 5 Oktober di tengah krisis energi dunia. 

Truk membawa batubara di area pertambangan PT Adaro Indonesia di Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (17/10/2017). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Krisis tahun lalu terjadi setelah pemulihan ekonomi yang terjadi serentak ke seluruh belahan dunia. Situasi ini membuat sejumlah negara pengguna batu bara berebut mendapatkan pasokan. Namun permintaan tidak dapat dipenuhi seketika. Akhirnya, kenaikan nilai tidak dapat dibendung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Batu Bara Bergejolak , Devisa Bakal Ikut Terdongkrak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.