Batu Bara Masih Diandalkan, Target EBT Kian Jauh dari Harapan?

Pemerintah menargetkan produksi batu bara mencapai 695 juta ton pada 2023, tertinggi sepanjang sejarah pertambangan Tanah Air. Di sisi lain, kapasitas terpasang energi baru terbarukan belum cukup progresif dengan rencana kenaikan sekitar 400 MW pada tahun ini dibandingkan dengan realisasi 2022.

Rayful Mudassir

30 Jan 2023 - 17.34
A-
A+
Batu Bara Masih Diandalkan, Target EBT Kian Jauh dari Harapan?

Operasional tambang batu bara kelompok usaha Bumi Resources.bumiresources.com

Bisnis, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memperbesar target produksi batu bara nasional menjadi 695 juta ton pada tahun ini. Bidikan baru ini dipatok di tengah rencana pemerintah memperbesar bauran energi terbarukan. 

Target ini menjadi rencana produksi tertinggi di dalam sejarah pertambangan batu bara nasional sejak eksis beberapa dekade lalu. Produksi 2023 naik 4,82 persen dari target 2022 yang dipatok pada angka 663 juta ton.

Adapun realisasi produksi batu bara 2022 mencapai 687 juta ton atau 104 persen dari target. Dari jumlah tersebut, 193 juta ton di antaranya dipasok untuk kebutuhan domestic market obligation (DMO), sisanya 494 juta ton diekspor ke pasar internasional. 

BACA JUGA: ENERGI BARU TERBARUKAN : Aral Menambal Listrik Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Batu Bara Masih Diandalkan, Target EBT Kian Jauh dari Harapan?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.