Bawang Putih Tekan Risiko Kanker & Diabetes

Bawang putih telah lama diketahui bermanfaat bagi tubuh termasuk menekan risiko kanker dan diabetes. Namun, cara penyiapannya yang paling efektif untuk memberi hasil maksimal belum diketahui para ilmuwan.

Redaksi

29 Nov 2021 - 19.54
A-
A+
Bawang Putih Tekan Risiko Kanker & Diabetes

Bawang putih./Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Bawang putih diketahui luas merupakan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan, digunakan untuk mengobati penyakit manusia selama ribuan tahun. Namun, cara bawang putih menguntungkan tubuh telah membingungkan para peneliti selama ribuan tahun pula.

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan oleh para ilmuwan dari Universitas Nottingham, Inggris, para peneliti menyimpulkan bahwa bawang putih sebenarnya dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu, penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Selain itu, cara menyiapkan bawang putih dapat memiliki efek positif untuk kesehatan. Namun, para ilmuwan tidak dapat menentukan metode persiapan yang paling efektif.

Bawang putih menghasilkan berbagai senyawa sulfur ketika disiapkan, entah dicincang, difermentasi dalam alkohol, atau digencet untuk diambil minyaknya.

Menurut para peneliti, senyawa belerang ini dapat memengaruhi "molekul pemberi sinyal gas" seperti oksida nitrat dan hidrogen sulfida yang secara alami diproduksi dalam tubuh manusia.

Perubahan tingkat molekul sinyal gas dapat dideteksi pada orang yang menderita banyak penyakit, karena mereka dapat memiliki dampak besar pada komunikasi sel dan menjaga keseimbangan dalam tubuh.

"Molekul-molekul ini memberi keuntungan ekologis bagi tanaman pada saat mereka tumbuh di alam liar," kata Dr Peter Rose, ahli biokimia di Universitas Nottingham dan penulis senior studi Trends in Pharmacological Sciences seperti dilansir Independent yang dikutip Antara.

"Seperti yang terjadi, mereka juga aktif secara biologis dalam sel dan jaringan mamalia, tetapi kita tidak tahu bagaimana mereka melakukan metabolisme pada manusia," tuturnya.

Teknik optimal untuk menyiapkan bawang putih masih diperdebatkan, tetapi para peneliti setuju bahwa bawang putih merupakan salah satu dari beberapa spesies tanaman yang memiliki kemampuan restorasi yang kuat untuk tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.