Free with Login

Bayang-bayang Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi Terkerek Minyak Mentah

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun turut mencermati kemungkinan rebound harga minyak mentah dunia karena intensitas konflik di Timur Tengah ikut mengganggu logistik pengiriman minyak dari kawasan tersebut.

Jessica Gabriela Soehandoko & Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

21 Feb 2024 - 14.18
A-
A+
Bayang-bayang Kenaikan Harga BBM Nonsubsidi Terkerek Minyak Mentah

Petugas melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Green 95 saat peluncuran di Jakarta, Senin (24/7/2023). Pemerintah mendukung keputusan PT Pertamina (Persero) untuk tidak menaikkan harga BBM non-subsidi, meskipun harga di SPBU kompetitor lain sudah naik. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi di dalam negeri berpotensi mengalami kenaikan, sejalan dengan terus meningkatnya ketegangan di Laut Merah. Intensitas konflik di Timur Tengah yang menguat saat ini turut berdampak terhadap harga minyak mentah dunia.

Setelah adanya ketegangan Houthi dari Yaman dengan wilayah utama produksi dan perdagangan minyak mentah, harga komoditas itu kini bertahan mendekati level tertinggi dalam lebih dari 3 bulan.

Dengan kenaikan harga minyak mentah dunia, tentu saja harga BBM di dalam negeri juga akan ikut terpengaruh. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun turut mencermati kemungkinan rebound harga minyak mentah dunia karena intensitas konflik di Timur Tengah ikut mengganggu logistik pengiriman minyak dari kawasan tersebut.

“Kalau saya cermati harga minyak naik lagi kayaknya mau ke sana [harga BBM non subsidi naik], karena intensitas Timur Tengah masih tinggi,” kata Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji, Selasa (20/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.