Bayang-Bayang Tekanan Global, Seberapa Kebal Laju Ekonomi RI?

Meski pertumbuhan ekonomi Indonesia melesat 5,01 persen pada kuartal I/2022, sejumlah faktor masih perlu diwaspadai seperti inflasi hingga konflik global Rusia dan Ukraina yang terus berlanjut memasuki kuartal II/2022.

Asteria Desi Kartikasari

9 Mei 2022 - 20.05
A-
A+
Bayang-Bayang Tekanan Global, Seberapa Kebal Laju Ekonomi RI?

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam rilis kinerja ekspor dan impor Februari 2022, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (15/3/2022). /BPS

Bisnis, JAKARTA— Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat melesat 5,01 persen (year-on-year/yoy) pada kuartal I/2022. Pertumbuhan ini sejalan dengan kuatnya konsumsi dan investasi di Tanah Air. Meski begitu,  memasuki kuartal II/2022, sejumlah tantangan masih membayangi prospek pertumbuhan ekonomi. 

Salah satu yang menjadi indikasi adalah  konflik global Rusia-Ukraina yang  masih terus berlanjut. Kemudia juga disusul oleh pembatasan wilayah atau lockdown China yang berpotensi menganggu rantai pasok distribusi barang dan jasa, dan adanya potensi inflasi yang diperkirakan melejit.

Tak hanya itu, faktor lain yang berpotensi menekan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2022 yakni kebijakan penaikan harga BBM pada 1 April 2022 dan kenaikan tarif PPN per 1 April 2022.

Ketua Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan International Monetary Fund (IMF) sebelumnya menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global secara signifikan. IMF awalnya menargetkan 4,4 persen tetapi merevisinya menjadi 3,6 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bayang-Bayang Tekanan Global, Seberapa Kebal Laju Ekonomi RI?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.