Bayar Jalan Tol Tanpa Harus Berhenti, Siapkah Pengelola Tol?

Pengguna jalan tol kali ini kembali bersiap untuk adaptasi baru pembayaran jalan tol tanpa harus berhenti atau MLFF. Rencana pemerintah mengganti sistem pembayaran kartu tol dengan teknologi MLFF yang akan diterapkan pada akhir tahun 2022 ini bukan kali pertama Indonesia mengubah sistem pembayaran.

Yanita Petriella

23 Mei 2022 - 11.11
A-
A+
Bayar Jalan Tol Tanpa Harus Berhenti, Siapkah Pengelola Tol?

Jalan Tol Trans Jawa. /dok. Bisnis.

Bisnis, JAKARTA – Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyatakan kesiapannya dalam penerapan pembayaran tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di jalan tol yang dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol mulai akhir tahun ini.

Teknologi MLFF ini nantinya akan menggantikan pembayaran jalan tol saat ini yang menggunakan uang elektronik atau e-toll. Sistem baru tersebut dapat membuat pengendara jalan tol tidak perlu lagi berhenti untuk melakukan tapping kartu e-toll saat melakukan pembayaran. Pembayaran tarif tol dilakukan secara otomatis melalui aplikasi yang terpasang di gawai pengguna jalan.
  
Nantinya, teknologi yang diterapkan pada MLFF yaitu menggunakan Global Navigation Satelit System (GNSS) yang dimana merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit. Pengguna jalan tol harus mendaftarkan kendaraannya berdasarkan nomor polisi. Setelah itu, pengguna perlu menghubungkan aplikasi tersebut dengan dompet elektronik. Saat akan memasuki jalan tol, pengguna harus mengaktifkan aplikasi tersebut sehingga teknologi GNSS dapat memastikan posisi pengguna jalan. 

Pemerintah sendiri mengklaim sistem pembayaran MLFF berbasis GNSS untuk semua jenis kendaraan yang diterapkan di jalan tol Tanah Air ini menjadi negara pertama di dunia. Selama ini, sistem pembayaran MLFF berbasis GNSS digunakan hanya untuk kendaraan berat atau logistik di Eropa. 

Penerapan MLFF di Indonesia, pengguna jalan tol akan diperkenalkan dengan perangkat pada sistem pembayaran tol MLFF, yakni On Board Unit (OBU), e-OBU, dan perangkat electronic route ticket. Perlu diketahui, OBU merupakan alat yang dipasang di dashboard mobil pengguna jalan tol. Adapun e-OBU merupakan versi virtual OBU yang dipasang melalui aplikasi gawai pintar pengguna jalan tol. Sementara, perangkat electronic route ticket dimana pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.
  
Pada saat melakukan pembayaran di gerbang tol, pengemudi biasanya akan membutuhkan waktu untuk membuka kaca kendaraan kemudian melakukan tapping e-toll. Namun, dengan adanya MLFF pengguna tol tidak perlu lagi berhenti apalagi mengantre untuk melakukan pembayaran di gerbang tol. Nantinya, saat kendaraan melewati pintu tol, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bayar Jalan Tol Tanpa Harus Berhenti, Siapkah Pengelola Tol?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.