BBM Merangkak, Biaya Transportasi Siap Menanjak

Penyedia jasa transportasi dalam negeri bersiap menyesuaikan tarif bagi penumpang seiring dengan kenaikan harga BBM baik subsidi maupun nonbsidi. Di sisi lain, pemerintah berupaya menekan gejolak tersebut dengan menggelontorkan bantuan tunai Rp24,1 triliun.

Rayful Mudassir

4 Sep 2022 - 06.23
A-
A+
BBM Merangkak, Biaya Transportasi Siap Menanjak

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar subsidi maupun nonsubsidi pada Sabtu (3/9/2022). Kebijakan ini secara langsung bakal mendongkrak kenaikan tarif transportasi publik hingga logistik.

Kenaikan harga BBM diumumkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam keputusan tersebut, BBM subsidi Pertalite menjadi Rp10.000 per liter dari sebelumnya Rp7.650 per liter. 

Kemudian harga solar subsidi ikut terkerek menjadi Rp6.800 per liter dari semula Rp5.150 per liter, Terakhir, BBM nonsubsidi jenis Pertamax juga merangkak dari Rp12.500 per liter menjadi Rp14.500 per liter. 

Penyesuaian harga bahan bakar tersebut secara otomatis menambah beban operasional transportasi umum baik kereta api jarak jauh, kendaraan roda dua, empat hingga bus. Sedangkan transportasi udara memiliki tarif tersendiri lantaran memakai avtur sebagai bahan bakar. 

Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

BBM Merangkak, Biaya Transportasi Siap Menanjak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.