BCA Beri THR Anak Orang Terkaya di Indonesia via Dividen

Anak salah satu orang terkaya di Indonesia yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur BCA menggenggam kepemilikan saham atas nama pribadi sebesar 4,26 juta lembar.

Arlina Laras

6 Apr 2024 - 14.29
A-
A+
BCA Beri THR Anak Orang Terkaya di Indonesia via Dividen

anak salah satu orang terkaya di Indonesia Robert Budi Hartono, Armand Wahyudi Hartono. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti.

Bisnis, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) memberikan tunjangan hari raya (THR) miliaran rupiah kepada anak salah satu orang terkaya di Indonesia Robert Budi Hartono, Armand Wahyudi Hartono, dalam bentuk dividen 

Pembagian dividen BCA telah disepakati dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang digelar pada Kamis (14/3/2024). Berdasarkan jumlah saham beredar sebanyak 123,27 miliar lembar, maka nilai dividen tunai yang dibagikan BCA mencapai Rp33,28 triliun.

BCA menjadwalkan untuk melakukan pembayaran dividen tunai tahun buku 2023 kepada para pemegang saham BBCA yang berhak pada Kamis (4/4/2024). 

Baca juga: Anjloknya IHSG Tersulut Gelisah Investor pada Papan Pemantauan Khusus Full Call Auction

Nilai dividen itu mencapai 68,47% dari laba bersih perseroan untuk tahun buku 2023. BCA mencatatkan laba Rp48,6 triliun sepanjang 2023, naik 19,4% secara tahunan (year-on-year/YoY).

"Kami optimistis atas prospek bisnis ke depan dan tetap melangkah secara prudent sepanjang 2024, sekaligus konsisten mendukung pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam keterangan tertulis pada Kamis (14/3/2024).

Adapun, nilai dividen per saham BCA yang mencapai Rp270 itu naik 31,7% dibandingkan dividen tunai yang dibagikan untuk tahun buku 2022.

Sementara itu, dividen tunai tersebut sudah termasuk dividen interim tunai sebesar Rp42,5 per saham atau setara Rp5,23 triliun yang telah dibayarkan oleh perseroan kepada para pemegang sahamnya pada Desember 2023. Alhasil, sisa nilai dividen per saham yang akan ditebar BCA sebesar Rp227,5 per saham.



Dengan pembagian dividen ini, Armand yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur BCA dan menggenggam kepemilikan saham atas nama pribadi sebesar 4,26 juta lembar, mendapat guyuran dividen senilai Rp1,15 miliar. 

Sementara itu, pemegang saham pengendali BCA saat ini adalah Grup Djarum melalui PT Dwimuria Investama Andalan dengan porsi kepemilikan 54,94% atau 67,72 miliar saham. 

Adapun, Hartono bersaudara pemilik Grup Djarum yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono sebelumnya mengakusisi BCA dari Sudono Salim yang mengalami keterpurukan saat krisis moneter 1998.

Dengan kepemilikan sebanyak 67,72 miliar saham dan dividen tunai total yang dibagikan sebesar Rp270 per lembar, maka mereka akan meraup keuntungan sebesar Rp18,28 triliun dari dividen BCA, termasuk dividen interim yang sudah didapatkan pada Desember 2023.

Ayah dan Paman dari Armand ini, yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono juga menggenggam kepemilikan saham atas nama pribadi masing-masing. Robert Budi Hartono memiliki 28,13 juta lembar saham di BBCA. Lalu, Michael Bambang Hartono memiliki 27,02 juta lembar. 

Dengan begitu, Robert dan Bambang masing-masing meraup dividen dari kepemilikan saham atas nama pribadi di BCA senilai Rp7,59 miliar dan Rp7,29 miliar.

Baca juga: Anak Orang Terkaya di Indonesia Raup Cuan Miliaran dari THR Dividen BCA

Sebagai informasi, jadwal cum dividend BBCA di pasar reguler dan pasar negosiasi adalah 22 Maret 2024, dengan ex dividend di pasar regular dan pasar negoriasi pada 25 Maret 2024 

Lalu, cum dividend di pasar tunai pada 26 Maret 2024 dan ex dividend di pasar tunai 27 Maret 2024. Adapun, tanggal daftar pemegang saham yang berhak atas dividen atau record date adalah 26 Maret 2024  

Sebelumnya, EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan perseroan memutuskan dividend payout ratio dengan mempertimbangkan upaya menjaga keseimbangan antara posisi permodalan yang kokoh, pengembangan bisnis bank maupun entitas anak. 

“Termasuk pemutakhiran standar dan teknologi keamanan, dan memberikan nilai tambah yang berkesinambungan kepada pemegang saham,” katanya pada beberapa waktu lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.