Beaver, Drone Andalan Ukraina yang Kini Menakutkan Rusia

Ukraina mempunyai beberapa jenis drone yang digunakan untuk bertempur di antaranya Bayraktar II, drone FPV (first person view) kamikaze, dan kini drone Beaver (berang-berang).

Jaffry Prabu Prakoso

24 Agt 2023 - 12.58
A-
A+
Beaver, Drone Andalan Ukraina yang Kini Menakutkan Rusia

Drone atau kendaraan udara tak berawak (UAV). /Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Serangan drone ke wilayah Rusia intensitasnya semakin tinggi menyasar infrastruktur penting, mulai dari gedung pemerintahan, bandara, gedung sipil, hingga gedung militer.

Kabar terbaru, drone Ukraina berhasil  menembus pertahanan udara Rusia menargetkan lapangan terbang militer di wilayah Novgorod.

Drone Ukraina yang sering dicemooh kini jadi momok menakutkan, pasalnya serangan drone itu berhasil menghancurkan salah satu pesawat tempur berharga milik Rusia yaitu TU-22 M3.

Baca juga: Spesifikasi F-15EX, Jet Tempur Baru Diborong Prabowo dari AS

Tak diketahui secara pasti kronologi serangan terhadap lapangan terbang militer tersebut. Namun, yang pasti, pesawat tempur supersonik Tupolev Tu-22M berkekuatan nuklir itu jadi tumbalnya.

Serangan juga terjadi pada 1 Agustus 2023, targetnya adalah gedung Kementerian Pembangunan Ekonomi Federasi Rusia.


Drone yang menargetkan Moskow, Rusia, berhasil ditembak jatuh./Telegram


Serangan itu menyebabkan ledakan setara dengan sekitar 2 kg TNT, menghancurkan fasad kaca bangunan seluas 500 meter persegi dan menimbulkan kerusakan signifikan pada sekitar seperempat ruang kantor di lantai itu.

Adapun drone militer Ukraina, kini tak bisa diremehkan lagi. Intensitas serangan yang makin massif, menunjukkan bahwa Kyiv makin percaya diri dengan drone militer yang dimilikinya.

Baca juga: Malaysia Pertimbangkan Tuntut Goldman Sachs karena Skandal 1MDB

Diketahui Ukraina mempunyai beberapa jenis drone yang digunakan untuk bertempur di antaranya Bayraktar II, drone FPV (first person view) kamikaze, dan kini drone Beaver (berang-berang).

Beaver merupakan drone kamikaze Ukraina, yang mulai dikembangkan dalam situasi perang yakni pada tahun 2022. Diduga drone inilah yang digunakan Ukraina untuk menyerang Rusia. (Rendi Mahendra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.