Beban Berganda Saldo Negara

Guncangan ekonomi global yang masuk ke dalam ekspektasi pemangku kebijakan soal risiko fiskal pada tahun depan tampaknya benar-benar berbahaya. Sampai-sampai, pemerintah menyiapkan jaring pengaman tatkala sektor keuangan dihantam krisis, terutama di pasar surat utang.

Tegar Arief Fadly

31 Okt 2023 - 13.26
A-
A+
Beban Berganda Saldo Negara

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pengantar RUU APBN tahun anggaran 2023 beserta nota keuangannya pada pembukaan masa persidangan I DPR tahun 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022)

Bisnis, JAKARTA - Guncangan ekonomi global yang masuk ke dalam ekspektasi pemangku kebijakan soal risiko fiskal pada tahun depan tampaknya benar-benar berbahaya. Sampai-sampai, pemerintah menyiapkan jaring pengaman tatkala sektor keuangan dihantam krisis, terutama di pasar surat utang.

Siasat yang ditempuh pemerintah pun terbilang di luar kebiasaan, yakni dengan cara mengoptimalisasi fungsi Saldo Anggaran Lebih (SAL).

Ketentuan itu tertuang di Undang-Undang (UU) No. 19/2023 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2024, tepatnya di Pasal 27.

Dalam pasal tersebut, dituliskan bahwa SAL dapat digfungsikan sebagai alat untuk menciptakan stabilitas di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik ketika ekonomi nasional dilanda krisis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Beban Berganda Saldo Negara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.