Beban Emiten Batu Bara demi Kontribusi pada Negara

Segelintir emiten batu bara mengalami peningkatan beban royalti cukup tinggi pada kuartal I/2023 hingga menekan kinerja keuangan mereka.

Emanuel Berkah Caesario

11 Mei 2023 - 18.19
A-
A+
Beban Emiten Batu Bara demi Kontribusi pada Negara

Ilustrasi tambang batu bara. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Peningkatan pesat beban royalti pada awal tahun ini telah menekan kinerja keuangan emiten baru bara. Ini tentu meningkatkan kontribusi emiten batu bara pada pendapatan negara, tetapi juga turut mempengaruhi keberlangsungan tingkat pertumbuhan laba mereka.

Berdasarkan pantauan Bisnis, beberapa emiten batu bara mencatatkan peningkatan royalti hingga lebih dari 100 persen dalam pos beban pokok pendapatannya. Emiten-emiten tersebut adalah TOBA, BYAN, ADRO, dan INDY.

TOBA misalnya, mengalami peningkatan royalti sebesar 175,99 persen, naik menjadi US$84,2 juta, dari US$30,5 juta secara tahunan. Sementara itu, BYAN mengalami peningkatan beban royalti 263,73 persen menjadi US$143,07 juta secara tahunan.

Emiten lain yang juga mengalami kenaikan beban royalti adalah ADRO yang naik 227,17 persen menjadi US$486,2 juta, dan INDY yang meningkat 183,7 persen menjadi US$251 juta di kuartal I/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Beban Emiten Batu Bara demi Kontribusi pada Negara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.