Beban Opex Industri Telco Indonesia Makin Boros, Ada Apa?

Beban biaya regulasi atau regulatory charges operator seluler di Indonesia terbilang masih cukup tinggi, yakni bisa berkontribusi 20 hingga 25 persen dari total biaya operasional.

Wike D. Herlinda

12 Mei 2022 - 21.00
A-
A+
Beban Opex Industri Telco Indonesia Makin Boros, Ada Apa?

Teknisi PT XL Axiata Tbk melakukan perawatan jaringan di menara Base Transceiver Station (BTS) di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman

Bisnis, JAKARTA — Beban biaya operasional operator seluler tercatat kian meroket pada 2022, seiring dengan tingginya tuntutan untuk penggelaran jaringan, mahalnya ongkos regulasi, kebutuhan penjualan dan pemasaran, serta faktor lainnya. 

PT XL Axiata Tbk. (EXCL), misalnya, melaporkan adanya peningkatan beban biaya operasional atau operating expenditure (opex) sebesar 14 persen secara year on year (YoY) pada kuartal I/2022 atau dari Rp3,13 triliun jadi Rp3,57 triliun.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan hal tersebut terjadi lantaran meningkatnya beban biaya regulasi serta biaya penjualan dan pemasaran. Selain itu, juga karena adanya penyesuaikan pajak pertambahan nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen.

"Penyesuaian biaya PPN jadi 11 persen sedikit banyak juga memberikan dampak terhadap bisnis kami. Namun, kami tentu akan berupaya sesuai dengan fokus untuk terus memberikan kenyamanan dan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan," kata Ayu, Kamis (12/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Beban Opex Industri Telco Indonesia Makin Boros, Ada Apa?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.