Beban Utang BUMN Karya Hantui Pasar Keuangan dan Bisnis Himbara

Beban utang dan riwayat gagal bayar di kalangan emiten BUMN Karya menjadikan pasar keuangan dan bisnis perbankan tahun ini menjadi terganggu.

Tim Redaksi

15 Jan 2024 - 16.54
A-
A+
Beban Utang BUMN Karya Hantui Pasar Keuangan dan Bisnis Himbara

Bisnis, JAKARTA — Tingginya beban utang BUMN Karya akan menjadi salah satu tantangan utama bagi pasar surat utang korporasi tahun ini, serta bisnis intermediasi kalangan perbankan, khususnya bank-bank BUMN.

Hingga kini, BUMN Karya masih terlilit persoalan utang yang berat. Di sisi lain, terdapat sejumlah kewajiban yang bakal jatuh tempo tahun ini, memaksa perusahaan-perusahaan ini untuk melakukan restrukturisasi atas kewajiban mereka.

Menyitir laporan masing-masing perusahaan, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI), PT PP (Persero) Tbk. (PTPP), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA), dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) akan menghadapi sejumlah utang jatuh tempo tahun ini.

Perinciannya, ADHI tercatat memiliki dua surat utang yakni Obligasi Berkelanjutan II Adhi Tahap II 2019 Seri B dan Obligasi Berkelanjutan III Adhi Tahap II 2021 Seri B. Masing-masing obligasi memiliki nilai Rp473,5 miliar, sehingga memiliki total Rp947 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Beban Utang BUMN Karya Hantui Pasar Keuangan dan Bisnis Himbara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.