Beda antara Industri Padat Karya dan Industri Padat Modal

Kebijakan Industri Nasional (KIN) 2022-2024 mengarahkan agar proses industrialisasi menciptakan lapangan kerja yang luas, menyediakan sektor usaha formal bagi masyarakat, serta menghasilkan produktivitas yang tinggi. Selain industri padat karya, pemerintah juga memasukkan industri padat modal sebagai prioritas pembangunan.

Fatkhul Maskur

24 Jan 2023 - 20.00
A-
A+
Beda antara Industri Padat Karya dan Industri Padat Modal

Industri tekstil dan produk tekstil termasuk industri padat karya. - Foto oBisnis.com

Bisnis, JAKARTA - Kebijakan Industri Nasional (KIN) 2022-2024 mengarahkan agar proses industrialisasi menciptakan lapangan kerja yang luas, menyediakan sektor usaha formal bagi masyarakat, serta menghasilkan produktivitas yang tinggi. Selain industri padat karya, pemerintah juga memasukkan industri padat modal sebagai prioritas pembangunan.

Pada tahun ini, industri pengolahan nonmigas ditargetkan bertumbuh 7,7%, dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto meningkat menjadi 18,4%, dan kontribusi ekspor meningkat menjadi 76,0%. 

Dalam hal tenaga kerja, industri pengolahan nonmigas ditargetkan meningkatkan serapan tenaga kerja menjadi 21,34 juta orang (+2,4%). Sektor ini juga ditargetkan menaikkan kontribusi serapan tenaga kerja dari 14,96% menjadi 15,26%, dengan produktivitas yang meningkat menjadi Rp120,38 juta per orang (+4,0%).

Dengan target semacam itu, pengembangan sektor industri yang bersifat padat karya menjadi penting. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.