Beda Arah Aksi Galang Dana lewat IPO dan Obligasi

Terdapat perbedaan arah antara aksi penggalangan dana melalui penawaran saham perdana (IPO) dan penawaran obligasi.

Rizqi Rajendra

2 Jul 2024 - 20.09
A-
A+
Beda Arah Aksi Galang Dana lewat IPO dan Obligasi

Beda arah penggalangan dana di pasar modal

Bisnis, JAKARTA— Di tengah iklim suku bunga tinggi dan dinamika pasar, korporasi pencari dana terlihat sepi pada pasar saham yang tecermin pada realisasi penghimpunan modal melalui penawaran saham perdana kepada publik (initial public offering/IPO) sepanjang tahun ini. 

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan sepanjang Januari-Juni 2024 sudah 25 perusahaan yang mencatatkan saham perdana melalui initial public offering (IPO). Dengan realisasi itu total emiten di BEI mencapai 927 perusahaan. 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh DataIndonesia.id, dikutip Selasa (2/7/2024) penerbitan saham perdana yang dilakukan oleh 25 emiten baru di pasar modal Indonesia itu meraup dana segar hingga Rp3,95 triliun. Jika dibandingkan dengan realisasi setahun penuh lalu, jumlah emiten baru pada paruh pertama tahun ini setara dengan 31,65% dari jumlah emiten yang IPO pada 2023 lalu sebanyak 79 perusahaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.