Beda Arah Klaim Surrender Asuransi Jiwa Pelat Merah & Industri

Sejumlah perusahaan asuransi jiwa pelat merah mengalami peningkatan klaim surrender dan klaim partial withdrawal sepanjang semester I/2023. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang mencatat penurunan klaim.

Rika Anggraeni

29 Agt 2023 - 18.44
A-
A+
Beda Arah Klaim Surrender Asuransi Jiwa Pelat Merah & Industri

Petugas beraktivitas di dekat logo-logo asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Jakarta, Selasa (23/8/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah perusahaan asuransi jiwa pelat merah mengalami peningkatan klaim surrender dan klaim partial withdrawal sepanjang semester I/2023. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang mencatat penurunan klaim. 

Berdasarkan data AAJI, klaim surrender mengalami penurunan sebesar 8,7 persen secara tahunan atau year-to-year/yoy sepanjang semester I/2023. AAJI mencatat klaim surrender menyusut menjadi Rp43,40 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya mencapai Rp47,54 triliun.

Adapun klaim partial withdrawal juga turun 3,6 persen yoy dari Rp9,33 triliun pada semester I/2022 menjadi Rp8,99 triliun pada periode yang sama tahun ini.

Sementara PT Asuransi BRI Life (BRI Life), sampai dengan Juni 2023, klaim surrender dan klaim partial withdrawal perusahaan mencapai Rp667 miliar. Angka tersebut meningkat 50 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.