Beda Arah Komoditas Emas dan Kripto Imbas Tingginya Inflasi AS

Komoditas seperti emas dan aset kripto sangat berkaitan erat dengan sentimen global. Sejumlah katalis seperti inflasi Amerika Serikat hingga geopolitik Rusia-Ukraina dapat berdampak terhadap harga komoditas. Lantas bagaimana imbasnya terhadap logam mulia dan aset kripto?

Asteria Desi Kartikasari

18 Apr 2022 - 16.09
A-
A+
Beda Arah Komoditas Emas dan Kripto  Imbas Tingginya Inflasi AS

Investor memantau pergerakan harga kripto melalui ponselnya di Jakarta, Minggu (20/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA—  Komoditas logam mulia menguat ke level tertinggi dalam lima minggu karena dampak perang di Eropa, peningkatan inflasi hingga risiko resesi Amerika Serikat (AS). Kondisi tersebut mendorong permintaan untuk aset safe haven tersebut.

Imbal hasil obligasi Pemerintah Amerika Serikat yang merosot menyusul data inflasi inti AS yang naik di bawah perkiraan, mendorong emas reli hingga lima hari berturut-turut.

Saat inflasi umum AS naik 8,5 persen (year-on-year) pada Maret atau paling tinggi sejak akhir 1981 berdasarkan basis tahunan, inflasi inti—yang mengecualikan harga pangan bergejolak dan energi — meningkat 0,3 persen secara bulanan dan 6,5 persen dari setahun sebelumnya. Inflasi inti bulanan Maret lebih lambat dari Februari yang mencapai 0,5 persen sekaligus di bawah konsensus ekonom yang dihimpun Bloomberg 0,5 persen.

Merespons itu, imbal hasil US Treasury 5 tahun pada Selasa (12/4/2022), parkir di level 2,63 persen turun 16 basis poin dari penutupan Senin. Pada saat yang sama, yield obligasi 10 tahun turun menjadi 2,672 persen  setelah menembus 2,8 persen pada awal sesi. Imbal hasil obligasi pemerintah acuan yang lebih rendah itu mendukung emas, yang kemudian naik ke level tertinggi dalam sebulan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Beda Arah Komoditas Emas dan Kripto Imbas Tingginya Inflasi AS

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.