Beda Aturan Soal Buka Puasa di KRL, MRT, LRT dan TransJakarta

Secara garis besar, keempat moda transportasi itu memberikan kelonggaran bagi pengguna untuk berbuka puasa di dalam bus maupun gerbong. Kendati demikian, seluruh moda tidak sama dalam menetapkan waktu toleransi makan dan minum serta perincian lainnya kepada konsumen.

Redaksi

12 Mar 2024 - 13.42
A-
A+
Beda Aturan Soal Buka Puasa di KRL, MRT, LRT dan TransJakarta

MRT Jakarta./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Transportasi publik baik KAI Commuter, MRT Jakarta, LRT Jabodebek hingga TransJakarta kompak memberikan keringanan bagi penumpang selama waktu berbuka puasa untuk minum dan makan makanan ringan. Meski begitu, ada sejumlah detail aturan yang ditetapkan berbeda pada masing-masing moda.

Secara garis besar, keempat moda transportasi itu memberikan kelonggaran bagi pengguna untuk berbuka puasa di dalam bus maupun gerbong. Kendati demikian, seluruh moda tidak sama dalam menetapkan waktu toleransi makan dan minum serta perincian lainnya kepada konsumen. 

KAI Commuter (KRL)

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyampaikan pada saat memasuki waktu untuk berbuka puasa di dalam perjalanan menggunakan commuter line, para pengguna diperbolehkan untuk membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga 1 jam setelah waktu berbuka puasa di dalam kereta. 

Nantinya, petugas juga akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa baik di dalam perjalanan maupun di area stasiun. 

Baca juga: 

Bersiap Rencana Kenaikan Tarif KRL Commuterline Tengah Dikaji

Target Impor KRL Molor setelah Berubah Perjanjian dari Jepang ke China

Strategi MRT Jakarta Raup Peningkatan Volume Penumpang di 2024

“Untuk berbuka puasa di dalam commuter line, pengguna dihimbau berbuka dengan makanan dan minuman ringan secara tidak berlebihan, hindari juga makanan atau minuman yang berbau menyengat untuk kenyamanan bersama,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (11/3/2024). 

Sementara itu, KAI Commuter juga menyediakan fasilitas dispenser air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Saat ini fasilitas tersebut tersedia di Stasiun Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Bekasi. Pengguna juga bisa isi ulang air minum dengan menggunakan botol minum sendiri.

TransJakarta

PT Transportasi Jakarta (TransJAkarta) mengumumkan kebijakan senada selama Ramadan. Makan dan minum di dalam bus diperbolehkan pada saat berbuka puasa dengan maksimal waktu 10 menit sejak azan magrib dikumandangkan.

"Pelanggan dapat berbuka puasa dengan air minum, kurma, atau makanan ringan," demikian keterangan Transjakarta melalui akun Instagram @pt_transjakarta.

Kendati mengizinkan makan dan minum, pengguna Transjakarta tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi nasi dan lauk pauk, makanan berbau menyengat, serta makanan siap saji lainnya di dalam bus.

PT Transjakarta juga mengimbau para penggunanya untuk menjaga kebersihan dan ketertiban bersama terkait penerapan aturan khusus selama Ramadan ini.

"Pelanggan dapat juga menuju area ritel/komersial yang terdapat di halte-halte Transjakarta untuk membeli makanan untuk berbuka puasa," demikian tulis keterangan itu. 


MRT Jakarta

Sementara itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) memberlakukan kebijakan khusus untuk penggunanya dalam berbuka puasa di fasilitas MRT selama bulan puasa.

Berdasarkan informasi pada laman resmi perusahaan, Senin (12/3/2024), para pengguna jasa diperbolehkan untuk membatalkan puasa saat berada di dalam MRT Jakarta maupun area berbayar seperti peron atau beranda peron/paid concourse) saat waktu berbuka telah tiba dan melanjutkan kegiatan membatalkan puasa di area beranda peron tidak berbayar (unpaid concourse).

Pengguna jasa hanya diperbolehkan membatalkan puasa dengan air putih dan buah kurma serta maksimum 10 menit setelah azan magrib apabila masih di dalam rangkaian kereta MRT atau area berbayar. 

“Pengguna jasa tidak diperbolehkan untuk membatalkan puasa dengan minuman selain air putih, seperti teh, kopi, sirup, soda, dan lainnya serta kudapan selain buah kurma,” tulis MRT Jakarta pada Senin (12/3/2024).

Selain itu, pengguna jasa MRT Jakarta juga diminta untuk tetap menjaga kebersihan MRT dan area stasiun dengan membawa kembali sampahnya saat meninggalkan ratangga atau peron berbayar. MRT Jakarta juga menyediakan musala di seluruh stasiun. Namun, apabila musala di stasiun sedang ramai, pengguna jasa dapat menggunakan musala di stasiun berikutnya atau masjid di sekitar stasiun. 

“Dengan rentang waktu kedatangan ratangga setiap 5 menit pada jam sibuk, 17.00—19.00 WIB, maka pengguna jasa MRT Jakarta tidak perlu menunggu lama untuk tiba di stasiun berikutnya,” demikian kutipan pengumuman tersebut.

LRT Jabodebek

Setali tiga yang PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberlakukan aturan khusus bagi para pengguna LRT Jabodebek.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menjelaskan, aturan khusus tersebut berupa diperbolehkannya pengguna membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan di dalam rangkaian LRT Jabodebek. Pengguna diperbolehkan makan dan minum mulai waktu berbuka puasa hingga 1 jam setelahnya.

“Pemberlakuan aturan ini merupakan bentuk toleransi kepada pengguna jasa LRT Jabodebek yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, agar pengguna dapat leluasa berbuka di tengah perjalanannya menggunakan LRT Jabodebek,” jelas, Selasa (12/3/2024).

Bersamaan dengan pemberlakuan aturan ini, petugas yang bertugas di dalam rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun turut berperan aktif memberikan informasi kepada para pengguna bila waktu berbuka puasa telah tiba. 

KAI juga mengimbau agar pengguna tetap menjaga ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan perjalanan LRT Jabodebek dan pengguna lainnya dengan menghindari makanan yang berbau menyengat dan makanan berat terutama saat waktu berbuka tiba, serta menyimpan dan membuang sampah bekas makanannya sampai stasiun tujuan. (Anitana Widya Puspa/Lorenzo Anugrah Mahardhika/Reyhan Fernanda Fajarihza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.