Beda Karakter Starlink dan Teknologi BTS

Karakter dan kebutuhan satelit orbit bumi rendah atau low earth orbit (LEO) bukan untuk terestrial.

Rika Anggraeni

5 Jun 2024 - 19.28
A-
A+
Beda Karakter Starlink dan Teknologi BTS

Menara telekomunikasi base transceiver station (BTS) di Indonesia. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA — Menkomarinves Luhut B. Pandjaitan menyebut menara telekomunikasi BTS tidak diperlukan lagi seiring dengan masuknya Starlink. Namun, para pakar berpendapat berbeda.

Para pakar telekomunikasi kompak menyatakan layanan Starlink milik Elon Musk tidak bisa menggantikan keberadaan menara telekomunikasi base transceiver station (BTS) di Indonesia. Sebab, kedua teknologi ini memiliki karakter yang berbeda satu sama lain.

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi menjelaskan bahwa keberadaan BTS akan tetap diperlukan selama teknologi seluler digunakan.

“Enggak bisa lah [BTS digantikan Starlink], bahkan memang harus dipertahankan seperti ketika satelit tetap dipertahankan ketika seluler booming,” kata Heru kepada Bisnis, Rabu (5/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.