Beda Nasib Bank Digital di Tengah Gelombang PHK Startup

Ongkos tenaga kerja yang dibukukan enam emiten bank digital hingga kuartal III/2022 dapat menjadi alasan mengapa bank digital sejauh ini cenderung terhindar dari badai PHK karyawan seperti yang terjadi pada startup atau perusahaan teknologi lainnya.

Asteria Desi Kartikasari

19 Nov 2022 - 18.26
A-
A+
Beda Nasib Bank Digital di Tengah Gelombang PHK Startup

Ilustrasi bank digital. /facebook.com/WeBankCN

Bisnis, JAKARTA— Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) melanda sejumlah perusahaan di industri teknologi atau digital, mulai dari PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) hingga Ruangguru. Strategi itu dilakukan dengan dalih untuk mengurangi beban keuangan mendatangkan profitabilitas. 

Lantas, apakah fenomena tersebut juga dapat menjadi salah satu sinyal waspada bagi perusahaan digital lainnya, misalnya saja bank digital?

Diketahui, manajemen GOTO telah melakukan PHK terhadap 1.300 karyawan atau setara 12 persen dari total karyawan. Selain GOTO, adapula perusahaan rintisan atau startup edutech Ruangguru juga mengumumkan PHK terhadap ratusan karyawannya.

Mengacu laporan keuangan GOTO per kuartal II/2022, beban gaji dan imbalan karyawan perusahaan mencapai Rp7,41 triliun atau naik 103 persen year-on-year (yoy). Sebagai catatan, GOTO baru akan merilis laporan keuangan kuartal III/2022 pada 21 November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.