Beda Nasib Kinerja Emiten Bank Daerah

Tren kinerja solid telah ditunjukkan sejumlah emiten bank yang terafiliasi dengan pemerintah daerah di Indonesia, meski bukan berarti semua bank mengalami nasib baik.

Herdanang Ahmad Fauzan

9 Nov 2021 - 14.02
A-
A+
Beda Nasib Kinerja Emiten Bank Daerah

Karyawan melayani nasabah di Kantor Bank BJB Cabang Tamansari, Bandung, Jawa Barat./JIBI-Rachman

Bisnis, JAKARTA — Nasib kinerja tiga emiten bank daerah masih belum sejalan. Di saat dua rekannya berhasil mencetak pemulihan kinerja tahun ini, PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. atau Bank Banten justru membengkak nilai kerugiannya.

Dari tiga emiten, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk. (BJBR) atau Bank BJB menjadi yang terdepan. Sepanjang 9 bulan awal 2021, perusahaan ini sukses mendulang laba tahun berjalan Rp1,41 triliun.

Bukan hanya yang paling jumbo, nominal ini juga mempertegas pertumbuhan 17,5% secara year-on-year (YoY), mengingat di periode yang sama tahun lalu perseroan hanya mampu mencatat laba Rp1,2 triliun.

Performa ciamik BJBR ditopang oleh kredit komersial yang tumbuh paling dominan ketimbang segmen lain, yakni sekitar 23,5% YoY dengan rasio pinjaman bermasalah (NPL) 3,4%. Langkah perseroan menggelar ekspansi khusus di segmen BUMN dan proyek APBN atau APBD juga diklaim manajemen punya kontribusi besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.