Begini Langkah Pemerintah Atasi Kepadatan Jalan Tol saat Nataru

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi lonjakan arus lalu lintas selama momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Alifian Asmaaysi

18 Des 2023 - 16.05
A-
A+
Begini Langkah Pemerintah Atasi Kepadatan Jalan Tol saat Nataru

Jalan tol Tangerang - Merak

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi lonjakan arus lalu lintas selama momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kemeterian PUPR Hedy Rahadian mengatakan arus mudik libur Nataru diperkirakan terjadi mulai Jumat 22 Desember – 29 Desember 2023. Adapun, Kementerian PUPR memprediksi bahwa periode arus balik libur Nataru akan jatuh pada 29 Desember 2023 - 1 Januari 2024.

Demi memastikan kelancaran arus mudik, Kementerian PUPR memastikan kemantapan jalan tol maupun jalan non tol. Selain itu, juga menghentikan pengerjaan konstruksi di sejumlah ruas jalan utama selambat-lambatnya pada 15 Desember 2023. 

“Pertama adalah memastikan seluruh jalan nasional berfungsi dengan baik disertai dengan lampu dan marka yang lengkap. Kemudian, kita akan menghentikan seluruh kegiatan konstruksi di sepanjang arus Nataru selambat-lambatnya pada 15 Desember 2023,” ujarnya dikutip Senin (18/12/2023). 

Kementerian PUPR akan melakukan pengaturan khusus terhadap arus kendaraan keluar masuk di tempat istirahat dan pelayanan (TIP).

Peningkatan pemantauan khususnya akan dilakukan pada 3 TIP yang langganan mengalami kepadatan pada setiap momen libur panjang. Ketiga TIP tersebut di antaranya KM 88A, KM 39A dan KM 725A Jalan Tol Trans Jawa.

“Serta ada penambahan petugas yang dilakukan oleh BUJT. Kemudian, kita juga terapkan rest area monitoring system atau RAMS yang dilengkapi dan dibantu dengan CCTV untuk pemantauan kapasitas parkir. Serta kami menyediakan aplikasi BPJT Info yang dapat diakses oleh publik melalui smartphone,” katanya.

Untuk meningkatkan fasilitas TIP di Tol Trans Jawa, pihaknya juga akan mengalihfungsikan sementara eks kantor Jasa Marga Palikanci yang berlokasi di exit Gerbang Tol Ciperna sebagai rest area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.