Belajar dari BUKA & Grab, Saatnya Bijak Mendukung IPO Startup

Berbagai dari kasus terbaru yang menimpa Grab Holdings Inc. soal perusahaan digital yang menorehkan performa di bawah ekspektasi di bursa efek semestinya menjadi pelajaran berharga bagi para pemodal ventura untuk tidak sekadar mementingkan valuasi dalam mendanai startup.

Wike D. Herlinda

14 Mar 2022 - 17.00
A-
A+
Belajar dari BUKA & Grab, Saatnya Bijak Mendukung IPO Startup

Bisnis, JAKARTA — Berbagai kasus perusahaan rintisan yang menorehkan performa di bawah ekspektasi di bursa efek semestinya menjadi pelajaran berharga bagi para pemodal ventura untuk tidak sekadar mementingkan valuasi dalam mendanai startup.  

Belum lekang dari perbincangan bagaimana PT Bukalapak.com Tbk. Memecahkan rekor penghimpunan dana penawaran publik perdana atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Agustus tahun lalu. 

Saat itu, perusahaan dagang-el berkode saham BUKA mencatatkan diri pada 6 Agustus 2021 dengan harga penawaran Rp850 per saham dan perolehan dana IPO menembus Rp21,9 triliun, alias memecahkan rekor PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) senilai Rp12,25 triliun pada 2008.

Dengan rekor tersebut, kinerja saham BUKA rupanya tidak semulus euforia permintaan pada saat IPO. Hanya dalam 7 bulan kiprahnya di lantai bursa, saham BUKA melemah di posisi terendah Rp314 per lembar setelah sempat unjuk gigi di level tertinggi Rp1.160 per saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.