Beli Kendaraan Listrik? Kenali Dulu Jenis Asuransinya

Asuransi kendaraan listrik memiliki peran yang penting dalam mendukung perkembangan kendaraan ramah lingkungan.

Redaksi

26 Feb 2024 - 19.47
A-
A+
Beli Kendaraan Listrik? Kenali Dulu Jenis Asuransinya

Ilustrasi asuransi mobil. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kendaraan listrik semakin populer di kalangan konsumen yang peduli lingkungan. Seiring dengan peningkatan penggunaan kendaraan ramah lingkungan ini, permintaan untuk asuransi kendaraan listrik juga mengalami peningkatan.

Asuransi kendaraan tentu penting untuk memitigasi risiko kerugian finansial tak terduga saat berkendara. Selain melindungi mobil dari risiko tak terduga, asuransi kendaraan juga dapat memberikan perawatan bagi korban kecelakaan sesuai polis yang dipilih.

Seperti halnya kendaraan biasa, kendaraan listrik atau non-emisi juga perlu proteksi dari hal yang tidak diinginkan, sehingga aman dan nyaman saat berkendara.

 

Harga Premi Asuransi Mobil Listrik

Penentuan harga premi asuransi mobil listrik diatur berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) No.6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017.

Berdasarkan surat edaran tersebut, besaran premi auransi mobil listrik ditentukan oleh faktor-faktor seperti harga, jenis, domisili, usia kendaraan, jenis perlindungan yang dipilih, jenis penggunaan, dan perluasan jaminan.

 

Jenis Asuransi Kendaraan Listrik

Sebagaimana asuransi kendaraan pada umumnya, asuransi kendaraan listrik juga menawarkan dua jenis polis, yakni total lost only (TLO) dan all risk.

1. Asuransi All Risk akan menanggung biaya perbaikan untuk seluruh kerusakan mobil, baik ringan maupun berat. Asuransi ini menanggung kerugian mulai dari lecet karena terserempet kendaraan lain hingga penggantian komponen karena rusak parah.

Asuransi all risk juga kerap menanggung kerugian akibat kecelakaan, pencurian, dan bencana alam. Premi asuransi all risk biasanya lebih mahal daripada premi asuransi TLO karena memberikan pertanggungan lebih menyeluruh.

2. Asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan berat dengan biaya perbaikan setara atau lebih dari 75% harga mobil pada saat itu dan kerugian akibat mobil hilang karena dicuri. Artinya, kerusakan kecil seperti lecet tidak bisa ditanggung oleh asuransi ini. Namun, premi asuransi mobil TLO lebih murah dibandingkan dengan asuransi mobil All Risk.


 

Di luar kedua jenis polis ini, terdapat juga polis yang tidak terkait langsung dengan kendaraan listrik, misalnya asuransi kecelakaan diri. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang dapat menyebabkan cedera atau kematian pengemudi atau penumpang mobil listrik.

Selain itu, beberapa perusahaan asuransi menawarkan produk khusus untuk kendaraan listrik, yang mencakup perlindungan terhadap risiko yang unik bagi kendaraan tersebut, seperti kerusakan baterai atau komponen listrik lainnya.

 

Keunggulan Asuransi Kendaraan Listrik

Sama halnya dengan asuransi kendaraan pada umumnya, asuransi mobil listrik memiliki beberapa keunggulan, antara lain yakni:

1. Biaya Perawatan Rendah: Kendaraan listrik cenderung memiliki biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan kendaraan konvensional, sehingga biaya klaim asuransi juga cenderung lebih rendah.

2. Perlindungan Lingkungan: Dengan menggunakan kendaraan listrik, pemilik kendaraan juga berkontribusi pada perlindungan lingkungan. Asuransi kendaraan listrik membantu mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan ini dengan memberikan perlindungan yang sesuai.

3. Inovasi Teknologi: Asuransi kendaraan listrik seringkali mencakup inovasi teknologi terbaru, seperti sistem keamanan yang lebih canggih dan layanan digital untuk klaim yang lebih efisien.

4. Promosi Mobilitas Berkelanjutan: Dukungan untuk kendaraan listrik melalui asuransi dapat menjadi bagian dari promosi mobilitas berkelanjutan yang lebih luas, yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik yang beredar di jalan raya, permintaan untuk asuransi kendaraan listrik juga mengalami peningkatan.

Perusahaan asuransi mulai menyadari pentingnya mengembangkan produk asuransi yang khusus untuk kendaraan listrik, termasuk perlindungan terhadap risiko yang unik terkait dengan teknologi dan komponen kendaraan tersebut.

(Reporter: Muhammad Fauzan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.