Benarkah Hanya Akan Ada 3 Bank Digital yang Bertahan?

Persaingan di industri perbankan Indonesia diperkirakan akan menghasilkan segelintir bank saja sebagai pemimpin pasar nanti, sedangkan sisanya bakal kalah dan tertinggal.

Emanuel Berkah Caesario

31 Mei 2022 - 20.29
A-
A+
Benarkah Hanya Akan Ada 3 Bank Digital yang Bertahan?

Ilustrasi Blu by BCA. /blubybcadigital.id

Bisnis, JAKARTA — Tahun lalu, petinggi bank swasta terbesar di Tanah Air, Jahja Setiaatmadja, sempat menyampaikan ramalan bahwa dalam satu dekade ke depan, hanya akan ada maksimal tiga bank digital yang sukses bertahan dalam persaingan sengit di industri perbankan nasional.

Direktur utama PT Bank Central Asia Tbk. itu menyampaikan proyeksi tersebut ketika menjadi pembicara dalam webinar Bisnis Indonesia Banking Outlook yang digelar pertengahan September 2021. Hal itu disampaikannya bukan tanpa alasan.

Kenyataannya, peta persaingan di industri perbankan nasional selama puluhan tahun terakhir akhirnya mengerucut pada segelintir pemain besar saja yang mampu menguasai mayoritas pangsa pasar nasional. Ada lebih dari 100 bank di Indonesia, tetapi lebih dari separuh asetnya dikuasai oleh empat bank saja.

Keempat bank itu yakni BCA, Bank Mandiri, BRI, dan BNI. Bank-bank lain pada akhirnya memang tetap bertahan, tetapi hanya mampu menikmati porsi yang sangat kecil dari kue yang ada. Menurutnya, kondisi yang kurang lebih sama akan terjadi juga di industri perbankan digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Benarkah Hanya Akan Ada 3 Bank Digital yang Bertahan?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.