Beragam Cara PLN Mengurangi Emisi Karbon Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sebagai salah satu BUMN energi yang menjadi ujung tombak utama pengurangan emisi di Tanah Air, tetap harus melakukan aksi untuk menurunkan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, mengurangi emisi, serta meningkatkan porsi EBT dalam bauran energi.

Ibeth Nurbaiti

28 Apr 2022 - 17.00
A-
A+
Beragam Cara PLN Mengurangi Emisi Karbon Pembangkit Listrik

Suasana Kompleks PLTU Paiton di Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (22/3/2019)./ANTARA-Widodo S. Jusuf

Bisnis, JAKARTA — Pengurangan emisi karbon menjadi salah satu tantangan yang harus dijawab oleh seluruh perusahaan dan industri di Tanah Air, sejalan dengan tren transisi global menuju energi bersih dan ramah lingkungan. Target besarnya, netral karbon atau nol emisi karbon dapat tercapai pada 2060.

Hal itu juga sejalan dengan target pemerintah yang menetapkan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025.

Namun, tak bisa dimungkiri transisi energi secara total dari fosil ke EBT bukanlah perkara mudah karena penuh dengan sejumlah tantangan. Apalagi, misi untuk beralih ke energi yang lebih bersih ini masih dibayangi oleh risiko mahalnya biaya energi yang harus dikeluarkan masyarakat. 

Baca juga: Tren Transisi Energi, Dekarbonisasi, dan Investasi Energi Hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.